Umang-umang

Guys, ada yang ga tau sama “umang-umang”kah? Sayang banget..Mereka lucu dengan cangkangnya yang unik-unik dan mereka juga saling tolong-menolong sesamanya. Tau kenapa?! Karena..sewaktu saya tempatkan di suatu wadah, mereka sibuk bergerak kesana-kemari nyari jalan keluar; saya cukup kaget, ternyata mereka punya solidaritas yang tinggi lho… rela ditumpukin temannya supaya bisa keluar dari wadah, saluuut..Tadi, sewaktu saya searching artikel-artikel tentang umang-umang, saya jadi tau kalau nama umang-umang itu adalah KELUMANG, sejenis siput laut yg terdiri dari umang-umang darat dan umang-umang laut. Namun saya kurang setuju kalau dibilang kelumang itu makan apa saja termasuk temannya sendiri, wong tadi saya liat sendiri kok ketika umang-umang mungil dg cangkang yg rapuh dibantuin sama yg ukuran sekitar 8x lebih besar darinya buat ngedaki dedaunan yang sengaja saya letakkan diatas karang-karang, tampak umang-umang yang lebih besar menjulurkan satu tangannya layaknya tali tambang buat umang-umang mungil, amazinglah pokoknya..:)

Nah, umang-umang buah tangan dari Pulau Angso Duo itu, udah yang kedua kalinya, lho… Yang pertama, kita-kita (saya, siadek dan temannya udah nazar kalau kesana lagi bakal dilepas, udah kesampaian). Yg kedua, rencana dilepas, gegara akuarium udah dikembaliin ke fungsi awal, tempat ikan-ikan cantik.. Ga tega banget liatin mereka mesti numpuk-numpuk di wadah yang jauh lebih kecil 😥 Jika sayang, harus ambil resiko, mereka wajib dilepas ke habitat aslinya!!!! OK, fine… Dengan segenap jiwa, saya turunin tuh ego; ga cuma saya, 2 ponaan saya yang excited sama merekapun harus turut merelakan mereka lepas, ga bakal ada lagi makhluk kecil mungil yang selalu sembunyi di rumahnya saat disentuh, trus ga bakal denger lagi tuh bentrokan-bentrokan gaduh cangkang mereka.. Beberapa hari setelah dilepas, saya masih berkutat dengan tahap kehilangan bargaining, haha… (ada-ada aja).

15 Januari 2015

Ini nih si umang-umang pemberani 😀

20 Januari 2015

23 Januari 2015

Galeri Foto

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply

