Bungo Rayo (Bunga Kembang Sepatu/Hibiscus Flower)

11 April 2015. Piladang, Palembayan Subdistrict, Agam Regency, West Sumatra

This is Bungo Rayo (Minang language), or Bunga Kembang Sepatu (Indonesian language), or in science it’s known by Hibiscus Rosa-Sinensis L Flower. By the way, that leaves can be used to decrease our temperature when we got fever. Kneaded with water, filter and drink it. On the other hand, it’s also can we use to the bubbles for the childrens. This flower is beautiful and usefull, right?

Di Palembayan, khususnya Piladang, bunga ini dikenal dengan sebutan Bungo Rayo, dalam bahasa Indonesia, bunga ini namanya Bunga Kembang Sepatu dan bahasa ilmiahnya nih Hibiscus Rosa-Sinensis L 😀 Bungo Rayo ini ada beberapa warna lho, namun yang saya tau cuma 2, warna merah muda (pink, kayak yang difoto) dan kuning atau lebih tepatnya cream.
Biasanya nih, daun dari Bungo Rayo ini digunakan untuk menurunkan panas tubuh yang merupakan gejala dari Deman atau Panas Dalam. Caranya, ambil beberapa lembar daun Bungo Rayo dimasukkan ke dalam wadah yang sudah berisi air mineral, remas-remas daun hingga mengeluarkan lendir, saring dan diminum airnya. Rasanya seperti meminum air yang dimasak dengan daun pandan, atau seperti memakan agar-agar yang cair, hambar, wanginya aroma dedaunan gitu..
Selain itu, daunnya juga bisa dibikin sebagai bahan dasar mainan gelembung-gelembung yang dijual di pasar-pasar. Caranya sama dengan di atas; bedanya, setelah disaring, celupkan sedotan yang sudah dibentuk menyerupai huruf P, tiup dari bulatannya dan jadi deh gelembung-gelembung bening berterbangan.. Kadang air ini juga bisa dicampur dengan sedikit deterjen (jika mau) 😀 Ini permainan tradisional yang ekonomis dan kreatif (menurut saya pribadi).
Serba guna deh pokoknya. Nanamnya pun mudah, tinggal distek doang 😉

Iklan

Satu tanggapan untuk “Bungo Rayo (Bunga Kembang Sepatu/Hibiscus Flower)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.