Martabak Mesir

This is Martabak Mesir, culinary from West Sumatra, specially Bukittinggi and Padang. The ingredients are meat, garlic, etc (Oh God, I can’t tell you about detail), but the taste is amazing, hmm… You will feel unique sensation when you try it first. You can buy it at Kubang or Bofet (restaurant alike), or some of Padang restaurant. In another place in Indonesia, like Batam and Jakarta, it is known by name Martabak Telor. Both of them so differrent, because in Martabak Telor, you will find the piece of meat so little or nothing. Hm, I think you must try it 😉

Udah lama banget ga nyobain menu yang ini.. 😀 Namanya Martabak Mesir.. Yang belum pernah nyoba kebayang nggak rasanya gimana? Atau malah mikir, apaan sih itu? Haha, saya punya cerita unik nih tentang ini.. Dulu, pertama kali mendengar nama Martabak Mesir, ga kebayang bentuknya kayak gimana, soalnya ada embel-embel Mesirnya itu.. Terus, pas pertama kali nyobain, malah puyeng sendiri, unik rasanya.. Tapi lama-lama saya jadi suka (banget) 😀 Enak…
Ini saya beli di Kubang Hayuda, dekat PA (Plaza Andalas) Padang.. 1 porsi Rp 20.000,-. Selain disini, Martabak Mesir juga bisa kita temuin di Bofet atau Kubang (seperti restoran) lainnya, khususnya di Padang dan Bukittinggi.

Adonannya terdiri dari bungkusnya yang terbuat seperti kulit pie gitu, isinya ada daging yang dipotong kecil dan bahan lainnya (saya kurang paham detailnya apa aja). Kuahnya terbuat dari kecap dan cuka, ada potongan cabe rawitnya, tomat merah dan bawang bombay..
Nanti jangan kaget, beda Bofet beda khasnya. Contoh, saya dan teman-teman, sekitar 8 tahun yang lalu, sewaktu masih stay di Bukittinggi, di Kampung Cina kita beli Martabak Mesir tapi ada yang beda, rasa bawang bombaynya sedikit lebih kental, kebetulan empunya orang India.. 😉 Selain disini, kita juga sering beli di depang Toko Buku Sari Anggrek, Simpang Yarsi – Bukittinggi, cuma bukanya malam hari, tepatnya abis Maghrib.. Rata-rata, Bofet atau Kubang itu memang baru buka sekitar jam 3-an, guys.. Tapi di beberapa rumah makan juga ada lho yang nyediain menu ini..
Kalau di luar Sumatera Barat, Martabak Mesir lebih populer dengan nama Martabak Telor. Bedanya, disana dagingnya sedikit bahkan tidak dikasih sama sekali.. Saya pernah nyicipin langsung nih di Batam, saya beli di Pasar Batu Aji. Ini selaras sama cerita teman saya, di Jakarta namanya juga Martabak Telor dan tidak ada dagingnya.. Saya kurang tau pasti, mungkin nama dan jenis masakannya emang beda atau namanya beda tapi jenis masakannya sama (tergantung kreasi masing-masing resto).
Yang belum nyoba, cobain gih.. Rugi banget ga pernah nyoba.. 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s