Oseng-oseng

Hayoooo… pada kenal ga sih sama Oseng-oseng?! Oseng-oseng itu khasnya tumisan kecap dengan aneka bahan yang dipotong-potong. Selama ini saya belum pernah ketemu nih ada yang jualin menu ini di rumah makan/cafe/restoran, yang pasti ini juga masakan tradisional Indonesia, lho.. Cuma saya gatau juga aslinya dari daerah mana. Nah, yang mau buka usaha, boleh banget nih ambil menu ini.. Atau yang punya usaha restoran, tambahin menunya gih sama oseng-oseng 😀
Ceritanya nih, dulu sewaktu masih ngekos, saya 1 kamar sama Kak V, orang Sawahlunto, terus dia sering ngebawa sambal (lauk pauk) ini ke Padang. Kak V bilang, oseng-oseng itu artinya sambal campur-campur 🙂 Saya lupa campuran yang Kak V bawa saat itu apa aja. Kalau ga salah nih (berarti bener), kombinasi dari irisan bawang merah + bawang putih (saya lupa dikeprok apa diiris atau dicincang) + cabe ijo potong kecil + ikan teri (udah dibersihin dan dibelah) + tahu & tempe potong kecil seperti balok + kecap. Kemudian, Ibu saya memodifikasinya menjadi irisan bawang putih + irisan bawang merah + cabe ijo dipotong kecil + petai iris tipis + tahu & tempe potong kecil seperti balok + kecap. Semua bahas ditumis dan dicampur.
Nah, semalam Unjut yang belakangan ini lagi rajin banget masak-masak, bikin oseng-oseng dengan versi yang beda. Bahannya hampir sama, tapi yang dibikin cuma tempe doang dengan bentuk setengah lingkaran 😀 Itu dia yang difoto hasilnya, hm… gurih!! Selain dimakan bareng nasi, juga enak kok dicemil doang 😀

Leave a Reply

