Aia Niro (Air Aren)

Udah ada yang pernah nyobain aia niro, belum?? Hm.. rata-rata pasti bakal jawab enggak pernah, ya kan?! Secara, aia niro ini cukup langka, kecuali olahannya, saka niro atau lebih dikenal dengan gula aren.

Selain penghasil Buah Tap “Kolang-Kaling”, batang aren juga menghasilkan aia niro (air aren). Air ini diambil saat buah tap masih berbentuk putik. Pelepahnya dipotong ujungnya dan dipukul-pukul, dilakukan teratur berhari-hari sampai mengeluarkan tetesan air, lalu ditampung.

Warnanya bening, mirip air kelapa. Rasanya, enak banget… seperti air kelapa yang manis dikasih soda, hmmm… Tapi, ada mitos yang bilang, kalau anak gadis nggak boleh meminum aia niro, sampai sekarang saya tidak tau apa alasannya. Namun, sebagian kecil kicauan, ada yang bilang kandungan alkoholnya tinggi seperti tuak (arak). Faktanya bagaimana, yuk cari tau.. 🙂

Semua informasi ini didapat dari Etek Pet, Desa Piladang, Nagari IV Koto Palembayan
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s