Air Terjun Lubuk Hitam (Aia Tajun Tigo Tingkek Lubuak Itam)

Air terjun dengan ketinggian > 600 m di atas permukaan laut ini terletak di kaki Bukit Barisan, Bungus, di jalan Padang menuju Pesisir Selatan. Tepatnya, dari Padang, sesudah Polsek Bungus, lalu belok kiri, ada jalan beton, menempuh perjalanan sekitar 5 menit dari jalan besar (dengan kendaraan bermotor). Disini tersedia tempat parkir dengan biaya Rp 5.000,-. Selanjutnya, kita perlu berjalan kaki sekitar 15 menit dari kaki bukit ke lokasi air terjun. Perkiraan waktu ini buat yang terbiasa hiking/mendaki, yang tidak terbiasa biasanya membutuhkan waktu lebih. Karena, kita mesti berjalan kaki dan mendaki (sedikit curam) dengan kemiringan 45 derjat. Namun, untuk viewnya, dilihat ke arah belakang, tampak pemandangan Bungus dan laut nan elok (Dayak & Trendnews, 2015).

Dayak, teman saya, bilang mungkin sekarang sudah menggunakan tiket masuk dan penanda jalan, karena dia pernah kesini sekitar tahun 2012 dimana wisata ini masih belum familiar, hanya penduduk sekitar atau orang-orang tertentu yang hobby saja yang datang ke lokasi ini. Saat itu (2012), disana belum ada yang jualan ataupun fasilitas lainnya, masih sangat pure natural. Jadi, mesti bawa bekal, makan di dekat sana memberi nuansa alam. Menurutnya, waktu yang paling bagus untuk kesini adalah pagi hari (Dayak, 2015).

Tempat ini memang lebih dikenal dengan nama Air Terjun Lubuk Hitam, namun orang Bungus Teluk Kabung menamainya dengan Aia Tajun Tigo Tingkek Lubuak Itam, karena memiliki 3 tingkatan. Anda bisa melihat tingkatan ketiga saat melalukan perjalanan Padang – Pesisir Selatan, menoleh saja ke sebelah kiri, terlihat jelas dari jalan besar, sangat indah.. (Trendnews, 2015).

Referensi
  • Dayak. 2015. Wawancara pada 23 Juli 2015. Dayak ke lokasi sekitar 3 atau 4 tahun yang lalu (2011/2012).
  • Trendnews. 2015. Objek wisata Air Terjun Lubuk Hitam, Bungus, Padang. Diakses pada 23 Juli 2015.

One thought on “Air Terjun Lubuk Hitam (Aia Tajun Tigo Tingkek Lubuak Itam)

Add yours

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Built with WordPress.com.

Up ↑