Spesialis Sol Sepatu Di Kota Padang

Sore ini, saya sengaja ke pasar untuk menjahit tapak sepatu yang menganga, sayang sekali karena sepatunya masih bagus. Jadi, saya mendatangi tukang sol sepatu. Tadinya mau ditinggal, tapi melihat si Bapak menjahit dengan tekun, saya mulai tertarik untuk menunggu.
Bagi saya, sore ini sore yang luar biasa.. Saya menyadari sesuatu disini, betapa beratnya beban hidup tetap membuat mereka gigih berusaha mencari nafkah.
Di Padang, tepatnya di Pasar Raya Padang, terdapat beberapa titik tempat sol sepatu. Mayoritas berada di leter L perempatan antara Pasar Raya dengan Lapangan Imam Bonjol (Terminal angkot Gadut, Indarung dan Lubeg), di leretan seberang Pos Polisi. Selebihnya dapat ditemukan di seberang Mesjid Muhammadiyah Padang, didepan-depan toko yang cukup dekat dengan perempatan Pasar Raya (Terminal angkot Tabing, Lubuk Buaya, Jati dan Pegambiran).
Tempat sol sepatu ini buka dari jam 09.00 s/d 17.00 WIB. Harga pasaran untuk menjahit sepasang sepatu Rp 15.000,-. Jika kita mau, kita bisa menunggu di lokasi sampai perbaikan sepatu selesai. Disini juga bisa mengganti sol sepatu/sandal, mengganti tapak, dan hal lainnya yang berhubungan dengan perbaikan sepatu atau sandal.
Saya tertarik mengangkat judul “Spesialis Sol Sepatu” karena melihat merk tempat salah seorang Bapak yang bekerja disini. Menarik sekali, ternyata saya menemukan banyak sisi kreatif disini; bukan hanya merk, tapi juga teknik menjahit yang digunakan saat ini.
Dulunya, sepatu/sandal yang dijahit akan terlihat jelas dari luar dan terkadang ada yang tampak kurang bagus, menggunakan benang putih kasar yang menonjol. Namun sekarang, sisi terdekat dari tapak akan dibuat goresan dan baru dijahit dengan rapi menggunakan benang putih yang kasar tapi lebih halus dan kuat (seperti ada campuran benang nilonnya).

Leave a Reply

