Pameran Nasional Di Kota Bukittinggi

Event yang diadakan di Lapangan Kantin Wirabraja Bukittinggi ini menghadirkan produk pangan nusantara dan produk dalam negeri (seperti: fashion). Nah, bakal seru nih apalagi pameran ini diikuti oleh Propinsi Papua, Propinsi Bali, Propinsi Gorontalo, Propinsi Sulawesi Tenggara, Propinsi Sulawesi Tengah, Propinsi Kalimantan Barat, Porpinsi Kalimantan Tengah, Propinsi Kalimantan Selatan, Propinsi Papua Barat, Propinsi Kepulauan Riau, Propinsi Bangka Belitung, Propinsi Sumatera Utara dan Propinsi Sumbar serta penampilan khusus Propinsi DKI Jakarta. Setiap sore akan dimeriahkan oleh penampilan artis dan group band lokal serta ibukota yaitu Group Band Armada.

Referensi
13 September 2015

Hari ini adalah hari terakhir Pameran Nasional ini diadakan di Kota Bukittinggi. Sayangnya, sudah banyak stand yang tutup, mayoritas didominasi oleh stand-stand dari berbagai wilayah dari Sumatera Barat. Walaupun demikian, sekalipun lingkungan sekitar masih berkabut, masyarakat tetap antusias dan tempat ini mulai ramai dikunjungi pada waktu pagi menjelang siang.

Dari wawancara dengan seorang tukang parkir, didapat informasi bahwa acara ini dimulai pada hari Kamis (10 September 2015) dan sangat ramai pada malam Sabtu karena ada penampilan dari Group Band Armada. Selain itu, banyak stand dari berbagai daerah lainnya, seperti: Papua, Bali, dll. Standnya hanya terdiri dari 2 stand besar yang didirikan di tengah Lapangan Kantin, didalamnya dibagi menjadi banyak stand kecil. Hari ini merupakan hari terakhir, jadi sudah banyak stand yang tutup karena mungkin daerah-daerah yang jauh telah mempertimbangkan biaya dan sebagainya, apalagi biasanya di hari terakhir acara-acara, pengunjungnya mulai berkurang.

Dari wawancara dengan beberapa pengunjung, diketahui bahwa banyak yang ingin mendatangi acara pameran ini, namun rata-rata terkendala karena faktor cuaca yang belakangan ini dinilai cukup ekstrim, kabut akibat kebakaran hutan di Jambi dan Pekanbaru membuat mereka berpikir untuk keluar rumah. Hal ini menyebabkan mereka menunda waktu untuk menyaksikan pameran ini; namun karena hari ini terakhir dan kabut tidak setebal beberapa hari sebelumnya, mereka mengaku tidak mau membuang kesempatan ini. Ironisnya, 1 dari 4 orang yang saya wawancarai malah mengatakan tidak tahu jika ada acara seperti ini di Lapangan Kantin, ia mengaku tidak akan tahu jika tidak diajak oleh temannya.

Lepas dari berbagai opini tersebut, pada Pameran Nasional ini terdapat stand-stand yang memperkenalkan aneka produk pangan (seperti sayur-mayur, buah-buahan, rempah-rempah), minuman (aneka teh dan kopi), fashion (seperti: bros jilbab, kalung, cincing), cendera mata dari berbagai daerah (seperti: miniatur Jam Gadang), aneka kuliner, inovasi (aneka produk tanpa MSG), dsb. Berikut gambarannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s