Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai dikenal masyarakat Minangkabau dengan nama Aia Tajun atau Aia Mancua Lambah Anai terletak di Lembah Anai, dipinggir jalan raya trans Sumatera yang menghubungkan Kota Padang dengan Kota Bukittinggi, tepat di bagian barat Cagar Alam Lembah Anai. Air terjun dengan ketinggian sekitar 35 m ini merupakan aliran dari Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju daerah patahan Anai.

Wisata ini telah dikelola dengan cukup baik. Kita bisa beristirahat di gazebo-gazebo terbuka yang dibangun menjelang lokasi air terjun.

Akses kesini bisa menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi. Bus yang melintasi tempat ini diantaranya Bus Padang-Bukittinggi, Bus Padang-Payakumbuh, dan beberapa bus lainnya. Ongkos sekitar Rp 20.000,-/orang.

Disekitar tempat ini banyak yang berjualan, mulai dari oleh-oleh hingga hidangan nasi (Rumah Makan Padang). Salah satu yang terkenal adalah jajanan pinukuik (kue panekuk) dan paragede angek (pergedel yang masih hangat) yang dijajakan oleh penjual dari mobil ke mobil dan memiliki pangkalan sekitar 10 meter dari lokasi air terjun.

Selain Air Terjun Lembah Anai, masih terdapat 2 air terjun lainnya di Lembah Anai, namun belum banyak diketahui oleh masyarakat luas karena lokasinya yang tertutup hutan lebat. Wisatawan yang berminat bisa mendatangi objek wisata tersebut dengan menempuh perjalanan sekitar 15 menit dari lokasi Air Terjun Lembah Anai.

Referensi

Lembah Anai, diakses dari Wikipedia “Ensiklopedia Bebas” pada 14 September 2015.

Lainnya

Gallery Air Terjun Lembah Anai

Advertisements

One thought on “Air Terjun Lembah Anai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s