Kalimantan Barat Hari Ini

Sungai Kapuas

Sungai Kapuas terletak di Kalimantan Barat (Kalbar) dan menjadi sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang sekitar 1.400 m dan lebar >100 m. Sungai ini membentang dari Kapas Hilir hingga Pontianak (ibukota Kalbar).

Sungai Kapuas menjadi urat nadi masyarakat setempat, baik dari segi perekonomian, transpotasi dan bahkan berpotensi besar menjadi objek pariwisata karena mirip dengan Sungai Liong yang ada di Perancis. Oleh karenanya, beberapa waktu yang lalu, dalam pertemuan Khatulistiwa, Presiden Joko Widodo mencanangkan Sungai Kapuas sebagai icon Kalimantan Barat.

Sungai ini selalu hidup selama 24 jam, dimanfaatkan masyarakat untuk transportasi dengan menggunakan boat, kapal ferry dan kendaraan lainnya, baik melalui Sungai Kapuas itu sendiri ataupun Jembatan Kapuas. Perhatian terhadap sungai ini sangat besar, salah satunya dengan dilarangnya kendaraan beroda 6 melintasi Sungai Kapuas.

Sepanjang sungai ini berdiri kokoh rumah-rumah milik warga yang terbuat dari kayu belia dengan rumah panggung yang khas. Begitu juga dengan kulinernya.

Sayangnya, yang menjadi kendala adalah perilaku warga yang masih sering membuang sampah rumah tangga ke area sungai dan letaknya yang di dataran rendah berisiko untuk meluapnya sungai. Namun aliran yang cukup besar mampu menghalau sampah-sampah tersebut sehingga sungai selalu tampak bersih.

Kebakaran Hutan

Selain itu, saat ini asap akibat kebakaran hutan menghambat aktifitas warga. Banyak nelayan yang tidak bisa melaut sehingga harga lauk-pauk, khususnya ikan, menjadi mahal. Kebakaran terjadi di area yang banyak memiliki tanah gambut, sehingga pembakaran lahan secara manual itu ikut membakar lapisan tanah gambut tersebut. Hal ini menjadi sulit diatasi dengan penyiraman skala besar, efektifnya dengan cara manual, yaitu tanah dicangkul dan disiram.

Cendera Mata

Tidak lengkap rasanya jika ke Kalimantan Barat tapi belum berkunjung ke Tugu Khatulistiwa. Disini terdapat UMKM yang memanfaatkan kayu bekas sejak tahun 1986 untuk membuat kerajinan tangan. Uniknya, pengolahan kayu bekas untuk kerajinan tangan ini menjadi satu-satunya di dunia. Cendera mata yang dibuat seperti: miniatur Tugu Khatulistiwa, rumah adat, dll.

Referensi

Informasi ini didapat dari media TVRI LIVE KALBAR, tepat di HUT TVRI Stasiun Kalimantan Barat yang ke-17. Kamis, 16 September 2015, sekitar pukul 07.00 WIB.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s