Gulai Bukek Padang Data

Sesuai budaya lebaran di Palembayan, biasanya ada acara makan gulai bukek basamo (makan gulai bukek bersama atau basalanjuang) tepat beberapa saat setelah marantam (menyembelih hewan kurban). Nah, di H+1 Lebaran Idul Adha 1436 H ini, masih ada beberapa wilayah di Palembayan yang baru melaksanakan kegiatan marantam, salah satunya di Mushalla Mukhlisin Padang Datar (Padang Data).
Kegiatan marantam telah dimulai sejak pagi tadi. Setelah itu, daging kurban langsung dibagikan pengurus dan dijemput oleh penerima kupon. Lalu dilanjutkan dengan memasak gulai bukek sebagai menu utama dalam perhelatan hari rayo gadang ini. Uniknya, yang memasak adalah bapak-bapak! Walaupun demikian, soal rasa, jangan ditanya, maknyuus..
Sepulang Jum’atan, warga sekitar telah meramaikan Mushalla Mukhlisin untuk ikut serta menikmati gulai bukek Padang Data. Mereka membawa peralatan makan masing-masing dari rumah. Siapapun boleh ambil andil dalam basalanjuang ini. Selesai acara, gulai bukek dibagikan ke warga yang datang ke wadah yang telah mereka bawa dari rumah, berapapun sesuai keinginan warga gulai ini bisa by request khusus untuk hari ini saja selagi gulainya masih ada.
Selain Padang Datar, ada beberapa daerah lain di Kec. Palembayan yang mengadakan acara makan gulai bukek basamo ini, seperti Tanah Luruh (Tanah Luruah) yang juga melaksanakannya pada hari ini dan Ganting (Gantiang) kemaren. Animo masyarakat sangat luar biasa.

Ini gulai yang sempat dibawa pulang:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s