Pisang Kapik

Siapa sih yang tidak kenal dengan jajanan yang satu ini.. Tapi, buat yang beneran belum tau, yuk cobain… Jajanan tradisional ini namanya Pisang Kapik, karena dibuat dengan cara dikapik yang merupakan bahasa Minang dari dijepit.
Pisang ini terdiri dari pisang (biasanya menggunakan pisang batu) yang kemudian dipanggang dengan bara (baro) seperti memanggang daging sate, lalu beberapa buah pisang yang sudah matang diletakkan di alat khusus yang terbuat dari kayu (mirip cetakan Kue Sapik), dijepit; hasilnya dipindahkan ke wadah terpisah dan dibubuhi parutan kelapa (karambia) yang telah diolah dengan gula tebu (saka tabu). Hasil akhirnya berbentuk gepeng tapi lunak dengan taburan kelapa parut berwarna coklat diatasnya. Hmm, melihat pembuatannya aja udah bikin ngiller alias pengen banget nyicipin.. 😀
Di Pasar Atas Bukittinggi, pisang kapik ini bisa di beli ditemui di depan Janjang Gudang, kawasan Jam Gadang Bukittinggi, Rp 5.000,-; atau di seberang Mesjid Raya Bukittinggi, yang juga berseberangan dengan Janjang 40. Sementara di Padang, biasanya di Jual di perempatan Jl. Ratulangi, tepatnya sebelum Toko Buku Sari Anggrek.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s