Hutan Mangrove PIK

Di tengah riuhnya aktifitas di Kota Jakarta, masih tersisa panorama nan sangat indah dan masih terjaga dengan baik di beberapa bagiannya, salah satunya Hutan Mangrove PIK yang berlokasi di dalam kawasan PIK (Pantai Indah Kapuk), di dekat sekolah Buddha Tzu Chi, Jakarta Utara.

Hutan yang menjadi daerah Deklarasi Jakarta ini menyuguhkan sisi lain di balik maraknya pembangunan di daerah ibukota. Siapapun akan berdecak kagum dengan tatanan apiknya, aneka jenis tanaman bakau dibudidayakan disini. Tidak hanya itu, fasilitas pendukungpun cukup memadai, seperti kantin yang didesain unik, mushalla, outbond, cottage-cottage (pondok homestay), dll.

Insert (tiket masuk) Rp 25.000,-/orang, akan diminta oleh petugas ketika memasuki pintu gerbang yang bertuliskan “Taman Wisata Alam Angke Kapuk Jakarta Utara”.

Akses ke lokasi cukup kompleks, mulai dari kendaraan pribadi hingga transportasi umum. Agar lebih praktis, Anda bisa memanfaatkan kendaraan yang dipesan via online.

Namun, jika tidak, untuk akses dari daerah Lenteng Agung (Jakarta Selatan), bisa dengan menaiki Kereta Api: KRL Commuterline dengan bajet Rp 2.000,- untuk rute Stasiun Universitas Pancasila (UP) – Stasiun Cawang. Selanjutnya, menaiki Busway dengan tujuan Pluit. Kemudian dilanjutkan dengan kendaraan yang dipesan secara online, karena transportasi umum ke lokasi tujuan cukup sukar ditemukan.

Dari gerbang hingga tempat penitipan barang berjarak sekitar 18 meter. Kita tidak diperkenankan membawa makanan ataupun minuman kemasan dari luar, petugas akan memeriksa barang bawaan.

Satu-satunya yang diperbolehkan untuk dibawa ke dalam lokasi adalah minuman yang memang dibawa di tempat khusus minum (bukan kemasan). [Mungkin kebijakan ini berguna untuk mengurangi pembuangan sampah di sekitar tempat wisata, sehingga zona hijau ini terjaga kebersihannya.]

Panorama nan apik ini tutup sekitar pukul 19.00 WIB. Jadi, buat Anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi, bisa memesan kendaraan via online atau menggunakan satu-satunya transportasi umum yang parkir di depan gerbang utama, angkot berwarna merah; turun di Kota Tua, ongkos Rp 5.000,-. Lalu, sekitar 4 meter dari tempat pemberhentian angkot, terpampang dengan sangat jelas tulisan Stasiun Jakarta Kota, khusus buat Anda yang akan menggunakan KRL Commuterline.

Big Thanks
Trims buat Lisa yang dengan sangat detail telah memandu kita via peta transportasi.

Moment
Best moment with Kiki san, Intan san, Endang san, Nuru san, Wawan san, Nia san, Diah san & Topik san. Perjalanan penuh perjuangan tapi terbayarkan.

Catatan:
Semua dokumentasi dalam bentuk foto merupakan koleksi dari Nora san, Kiki san, Intan san, Endang san, Nuru san, Wawan san, Nia san, Diah san & Topik san.

Recomended
Ilalangbasah. 2015. Wisata Murah: Hutan Mangrove. Diakses pada 4 Mei 2016.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s