Taman Wisata Istana Osaka

Istana Osaka merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Jepang dan menjadi landmark Kota Osaka. Peninggalan bersejarah ini terletak di dalam kawasan Taman Wisata Istana Osaka.

Akses ke lokasi sangat praktis, salah satunya dengan menggunakan chikatetsu (kereta api bawah tanah). Pada akhir pekan dan hari libur nasional Jepang, lebih irit dengan membeli one day pass seharga ¥600 (enam ratus yen, atau jika dirupiahkan sekitar Rp 60.000,-) via mesin otomatis.

Dari Stasiun Abiko (Subway, M27, Midosuji Line di stasiun nomor 27), naiki chikatetsu hingga Stasiun Shinsaibashi (M19) dengan alur: Stasiun Abiko (M27) – Nagai (M26) – Nishitanabe (M25) – Showacho (M24) – Tennoji (M23) – Dobutsuen-mae (M22) – Daikokucho (M21) – Namba (M20) – Shinsaibashi (M19) – Hommachi (M18). Lama perjalanan sekitar 20 menit.

Kemudian, transit ke Chuo Line (Subway) sekitar 15 menit, dengan alur: Stasiun Hommachi (C16) – Sakaisuji-Hommachi (C17) – Tanimachi 4-chome (C18) – Morinomiya (C19). Dengan berjalan kaki beberapa menit saja, keindahan taman yang menakjubkan dapat dinikmati.

Dari area taman hingga Menara Utama Istana Osaka membutuhkan waktu sekitar setengah jam dengan berjalan kaki (tergantung kemampuan pengunjung, waktu yang dibutuhkan akan sedikit lebih lama jika banyak berhenti).

Tiket masuk dibeli melalui mesin otomatis seharga ¥600. Tempat ini terbuka untuk umum dari pukul 09.00-17.00 (waktu Jepang, setara dengan Waktu Indonesia Tengah di Indonesia).

Hal yang perlu diperhatikan ketika memasuki istana adalah tidak boleh membawa makanan/minuman. Khusus di lantai 3 dan 4, dilarang mengambil foto.

Fasilitas yang didapat yaitu memasuki Istana Osaka hingga menaranya di lantai 8, tersedia lift hingga lantai 7. Banyak peristiwa bersejarah yang bisa diketahui dari sini, namun ditampilkan dalam Bahasa Jepang (didominasi oleh kanji), Inggris dan beberapa diantaranya  dengan Bahasa Korea.

Fasilitas yang cukup menarik minat pengunjung adalah sewa kostum dan berfoto dengan berlatarkan gambar Istana Osaka, lukisan samurai, atau latar lainnya di lantai 2. Harganya lumayan ekonomis, pengunjung cukup merogoh kocek seharga ¥300.

Selain ini, diluar area istana juga terdapat tempat sewa kostum dan berfoto dengan latar asli Istana Osaka. Pengunjung bisa membawa 1 lembar foto gratis dari hasil jepretan tersebut. Hanya saja, harganya lebih mahal ¥1200 (seribu dua ratus yen).

Di sungai  bagian bawah/belakang istana, disediakan penyewaan perahu khas Istana Osaka (Osaka Jyo Gozabune). Harga tiket untuk dewasa ¥1500, anak-anak ¥750. Harga spesial berlaku untuk pengunjung yang berusia lebih dari 65 tahun, yaitu ¥1000. Pelayanan buka dari pukul 10.00-16.30 (waktu Osaka), namun tutup selama musim dingin.

Catatan

  • One day pass adalah tiket yang berlaku kemana saja dengan chikatetsu, tetapi terbatas untuk subway saja, berlaku sampai pukul 12 malam, alias seharian.

Gallery

Rekomendasi: 

Advertisements

2 thoughts on “Taman Wisata Istana Osaka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s