Mesjid Osaka ‘Osaka Ibaraki Mosque’

Bagi para muslim dan muslimah yang merantau ke Jepang, mungkin untuk awalnya belum banyak yang mengenal Osaka Ibaraki Mosque (lebih familiar dengan nama Mesjid Osaka), karena memang belum sepopuler Mesjid Kobe.

Mesjid Osaka terletak di Toyokawa, Ibaraki City, Osaka, Jepang. Mesjid ini berada di dekat Osaka University dan the Expo Commemeration Park.

Berbeda dengan banyak mesjid di Indonesia, mesjid ini lebih mirip rumah bertingkat 2. Pintu masuk terletak di bagian samping kiri bangunan. Ada tempat parkir bagian depan yang bisa memuat sekitar 3 mobil dan bagian depan pintu masuk sekitar 6 mobil. Di sisi kiri bagian belakang ada toilet dan tempat berwudlu laki-laki.

Jika dilihat sekilas, mesjid ini terkesan seperti rumah yang tidak berpenghuni. Bukan karena tidak ada kegiatan ibadah atau tutup dan sebagainya. Tapi memang begitu adanya. Jadi, buat para musafir yang pertama kali dan sama sekali tidak tau, silahkan mengetuk pintu atau langsung membukanya saja sambil mengucapkan “Assalaamu’alaikum”.

Dekorasi mesjid ini menyerupai rumahnya orang Jepang. Dari pintu masuk ada gengkang.

Di sisi kiri gengkang terdapat tempat shalat laki-laki. Sementara, dengan menaiki anak tangga, di lantai 2, ada tempat shalat wanita (1 ruangan) dan tempat mengaji dan kegiatan ibadah lainnya (sekitar 2 ruangan).

Di lantai 2 juga ada toilet dan tempat berwudlu. Hanya saja, ukurannya cukup kecil, terdiri dari toilet dan wastafel. Selain itu,  karena tempat berwudlu ini hanya berupa wastafel, harus punya cara seefektif mungkin agar tidak membasahi sekitarnya.

Akses

Akses dari Abiko Station (Midosuji Line

  • Abiko Station → Umeda Station dengan chikatetsu (Midosuji Line). Lama perjalanan sekitar 25 menit. Tiket subway (one day passweekend ¥600, hari kerja ¥800; atau, tiket reguler ¥320.
  • Norikae ke Senriyama LineUmeda Station  Yamada Station dengan hankyu, tiket ¥290.
  • 2x transit Yamada Station → Bampaku-kinen-koen Station (3 menit) → Saito LineToyokawa Station (8 menit) dengan Osaka Monorail, tiket ¥270.
  • Dari depan pintu keluar Toyokawa Station (sekitar 10 menit) berjalan lurus (melewati perumahan penduduk), pilih jalur kiri di pertigaan (simpang 3), berjalan lurus hingga menemui gang kedua di sisi kanan. Terlihat dengan bangunan bertuliskan Osaka Ibaraki Mosque dalam 3 bahasa (Arab, Inggris dan Jepang).

Akses dari JR/Hankyu Ibaraki

  • JR/Hankyu Ibaraki → Naik bus no. 93 → Turun di Toyokawa Shinryoojyomae.

Akses dari Bampaku-kinen-koen Monorail Station

  • Bampaku-kinen-koen Station (Monorail) → kereta menuju arah Saito Nishi → turun di Toyokawa Station (1 stasiun sebelum Saito Nishi).
Gallery
Catatan
  • Chikatetsu = Kereta api bawah tanah.
  • One day pass = tiket yang berlaku kemana saja dengan chikatetsu, tetapi terbatas untuk subway saja, berlaku sampai pukul 12 malam, alias seharian.
  • Hankyu = Kereta api cepat.
  • Monorail = Transportasi darat yang lebih menyerupai satu gerbong kereta yang dijalankan oleh masinis, rel-nyapun memiliki bentuk yang  berbeda.
  • Norikae = Transit,  pindah jalur.
  • Gengkang = Sedikit space antara pintu dan bagian depan ruangan rumah khas Jepang, tempat meletakkan alas kaki (sepatu, sandal, dll).
Referensi
Recommended Link
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s