Category Archives: Payakumbuh

Pacu Itiak

Pacu itiak (pacu itik/bebek) merupakan salah satu budaya khas Sumatera Barat, khususnya di Payakumbuh dan di Kabupaten Lima Puluh Kota. Tradisi ini telah berlangsung sejak tahun 1028-an. Itik yang diikutkan dalam lomba ini bukanlah itik sembarangan, tetapi telah dilatih dan setidaknya bisa terbang sejauh 2 km.

Referensi

BEM SI UNAND 2015.

Advertisements

Wisata Sumbar (Ranah Minang)

Selamat datang di Sumatera Barat, Ranah Minang. Welcome to West Sumatra (land of Minangkabau), Indonesia. Enjoy with our beautiful place, delicious culinary (Rendang is no. 1 in the world, isn’t it?), and unique cultures. インドネシアの西スマトラはきれいな所や様々な美味しい食べ物(特にレンダン)やユニック文化がある。

Padang

Kepulauan Mentawai

  • Pulau Siberut
  • Pulau Sipora
  • Pulau Pagai Utara
  • Pulau Pagai Selatan
  • Air Terjun Kulu Kubuk

Padang Pariaman

Pariaman

Padang Panjang

  • Lubuk Mata Kucing (Lubuak Mato Kuciang)
  • Air Terjun Lembah Anai
  • Kolam Air Jernih (Tabek Aia Janiah)
  • Rumah Puisi Taufik Ismail, Panyalaian
  • Mifan

Bukittinggi

Agam

Payakumbuh

  • Lembah Harau (Harau Resort)
    • Air Terjun 1
    • Air Terjun 2
    • Air Terjun 3
  • Air Terjun Lubuk Batu Bulan
  • Air Terjun Lubuk Bulan
  • Air Terjun Sarasah Tanggo
  • Air Terjun Tanjung Jaro
  • Batang Tabik
  • Kelok 9
  • Rumah Adat Bakewi
  • Palo Banda
  • Padang Mangateh
  • Ngalau Indah

Pesisir Selatan

Pasaman

  • Pasaman Barat
    • Ikan Larangan Lubuak Landua, + 10 km kota Simpang Ampek
    • Goa Jepang, Kec. Talamau
    • Pemandian Air Panas, Kec. Talamau
    • Air Terjun Simpang Panco, Kec. Kinali
    • Bendungan Batang Tongar, + 10 km sebelah timur Simpang Ampek
    • Bendungan Batang Kenaikan, Kec. Gunung Tuleh
    • Gunung Batu, Kec. Lembah Malintang
    • Danau Indah, Koto Balingka
    • Goa Kepang, Kec. Sungai Beremas
    • Gunung Talamau
    • Pantai Sasak, Nagari Sasak, Kec. Sasak
  • Pasaman Timur
    • CagarAlamRimboPanti,Kec.Panti
      • Aia Angek Rimbo Panti

Sawahlunto

  • Gedung Pusat Kebudayaan Sawahlunto
  • Museum Kereta Api Sawahlunto
  • Taman Satwa Kandi (Kebun Binatang Sawahlunto)
  • Air Terjun Rantih
  • Lobang Tambang Mbah Suro
  • Gudang Ransum
  • Danau Biru
  • Lokasi Paralayang

Sijunjung

  • Air Terjun Pelukahan

Dharmasraya

  • Bendungan Batanghari

Batusangkar

  • Istana Basa Pagaruyuang
  • Talago Gunuang

Solok

  • Danau Kembar: Danau Diatas & Danau Dibawah
  • Kebun Teh Alahan Panjang
  • PuncakPulau / “Puncak Thailand”
    • Danau Singkarak
  • Danau Talang, Alahan Panjang
  • Gunung Talang
  • Pemandian Air Panas (Pamandian Aia Angek)

Solok Selatan

  • Air Terjun Timbulun Koto Birah
  • Air Terjun Timbulun Sangir
  • Air Terjun Ulu Suliti
  • Kawasan Seribu Rumah Gadang

Other

  • Air Terjun Lubuk Tampuruang
  • Air Terjun Lubuk Bonta
  • Air Terjun Lubuk Paraku
  • Air Terjun Timbulun Batang Liki
  • Air Terjun Talang Sepintir
  • Air Terjun Tangsi Empat
  • Air Terjun Batang Daun
  • Air Terjun Lambe
  • Air Terjun Nango
  • Air Terjun Buluh Kasok
  • Air Terjun Koto Salo
  • Air Terjun Timbulun Indah Pulau Punjung
  • Air Terjun Padukoan
  • Air Terjun Tanjung Bonai
  • Air Terjun Mayang Taurai
  • Bukit Takuruang
  • Benteng Van Der Capellen
  • Danau Kandi
  • Gedung Indo Jalito
  • Lubang Suro
  • Museum Adityawarman
  • Museum Gempa 30 September
  • Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka
  • Panorama Tabek Patah
  • Pantai Sago
  • Pulau Keong
  • Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM)
  • Rumah Budaya Fadli Zon
  • Rumah Gadang 20
  • Rumah Gadang Kampai Nan Panjang
  • Taman Nasional Kerinci Seblat
  • Taman Siti Nurbaya
  • Lubuak Paraku
  • Pantai Karang Tirta
  • Patung Tigo Tungku Sajarangan, Lintau Buo Utara
  • Puncak Pato, Lintau Buo Utara
  • Pulau Setan
  • Panorama Tabek Patah
  • Gunung Singgalang

Referensi

  • BKPM “Indonesia Investment Coordinating Board”. 2013. Potensi wisata alam di kabupaten Pasaman Barat. Diakses pada tanggal 22 Juli 2015.
  • #infosumbar via Instagram. Diakses pada tanggal 21 Juli 2015.
  • Padang Indah Kemilau Tour & Travel. 2010. 24 lokasi wisata yg terkenal di Sumbar. Diakses pada tanggal 21 Juli 2015.
  • BEM KM UNAND. 2015.
  • Aminuddin, A. W. n. d. Daftar nama tempat wisata di Sumatera Barat. Diakses pada tanggal 20 Juli 2015.
  • Pemerintah Kota Bukittinggi Propinsi Sumatera Barat (website resmi) diakses pada 12 September 2015.
  • Beberapa info dishare oleh Geni.
  • Info wisata Sawahlunto dishare oleh Hendro pada 23 Maret 2017.

Warung Sea Food “Pak Cik”

Warung Sea Food “Pak Cik” is culinary (Indonesian food) in Payakumbuh City, West Sumatra. The top menu are Mie Bandung, Teh Tarik (tea), Kopi Tarik (coffee) & Mie Kari. That is delicious food. You must try it when you go to Payakumbuh. The price is cheaper, it start from Rp 3.000,-  

Warung Sea Food "Pak Cik"  

Warung ini didirikan oleh Pak Cik, empunya warung. Ceritanya, Pak Cik lama merantau ke Malaysia.. Sekembalinya ke kampung halaman, beliau memperkenalkan Mie Bandung dan ternyata banyak digandrungi oleh masyarakat sekitar. Awalnya beliau kerja di warung orang, tapi kemudian buka warung sendiri.

Menu

Teman saya promoin Mie Bandung yang katanya terkenal di Malaysia. Kebetulan, dia memang lahir dan besarnya di Malaysia dan suka banget sama yang namanya Mie Bandung, so… saya langsung mau aja pas direkomendasiin, hihi.. Mie Bandung..????? Mungkin mienya diimpor jauh-jauh dari Bandung selama ini ke Malaysia, ga kebayang gimana repotnya.

Ternyata, Bandung itu artinya keruh, jadi Mie Bandung itu adalah mie kuning (khas) dengan kuah yang keruh. Teman saya menambahkan, kalau di Malaysia kuahnya kuah kacang, tapi mungkin karena di sini masyarakat tidak terlalu suka, jadi Pak Cik unjuk kreasi dan mengganti kuahnya dengan bumbu rempah-rempah, tapi tetep enak kok..

Hayyyoooo…berapa coba harganya?! Siapa berani taksir?? Saya yang hobby kuliner aja nih sampe ketipu, gimana engga mie semangkok gede gitu harganyaaaa….tadaaaaa Rp 10.000,- alias sepuluh rebeeeng…!!!! Ga bisa diungkapin lewat kata-kata deh enak ples kenyangnya abis makan semangkok full 😀

Temannya Mie Bandung nih, teman saya rekomendasiin Teh Tarik dan dia pesan Kopi Tarik; saya malah bengong, apalagi tuh Teh Tarik??? Hmmm….suasana Payakumbuh yang dingin karena abis gerimis, cocok banget makan Mie Bandung ples Teh Tarik itu. Kata teman saya lagi nih, teh atau kopi itu dibikinnya dengan cara ditarik-tarik (ga kebayang dah, yang jelas maknyuuuss… 😀 bodo amat dah cara bikinnya gimana 😀 ). Harganya lagi gile bener, Rp 3.000,- alias tiga rebeng bok!!! Gilaaaa… ekonomis banget…udah gitu enak lagi, hmmm…..

Coba aja Pak Cik buka cabang di Padang, pasti deh udah kena serbu, apalagi sama anak sekolahan/kuliahan/kosan, heuuuu…. Andai aja saya punya lambung cadangan, mau banget nyobain menu lainnya, tapi sayang beribu sayang besok mesti balek Padang dan hari libur Pak Cik mah kudu libur juga, hari keluarga kata beliau (Waaah, saluuuut….). Kalau nanti kesana lagi, Pak Cik rekomendasiin buat pesan Mie Kari, apalagi ituh?? Mauuuuuu….tapi gatau entah kapan bisanya mampir lagi ke Warung Pak Cik 😥

Referensi

Ojik. Informasi verbal pada 13 Desember 2015.

Bacpacking To Payakumbuh

13 Desember 2014
Pai Baralek & Warung Sea Food "Pak Cik"

It’s time to going to wedding party… Yuhuuu….. 😀 Niat awalnya siy abis baralek (kenduri) ini, saya langsung balik ke Padang, eh teman saya malah nawarin buat nginap di tempatnya dulu dengan seabrek iming-iming travelling ples kuliner, saya jadi 50:50, berasa ogahan… Hm, yang namanya perjalanan jauh ga pernah bisa kita prediksi, walhasil saya nyerah, teman saya menang, saya nebeng dah tempat dia 😀 Untung aja udah prepare juga sedari humz, jadi ga repot deh mau nginap apa engga 😀 (Belajar dari pengalaman, sedia payung sebelum hujan, dari pada ntar merogoh kocek pula nak beli serba baru, mending dialokasikan buat keperluan lain, ya nggak?! 😀 ). Cus, kebetulan saya naik Bus Sarah nih yang katanya deket dari rumah teman saya itu. 🙂 Ongkos Rp 25.000,- (dua puluh lima rebeng) sejak BBM naik 😀 .

  • 09.46 SGO Lubuk Buaya
  • 12.10 Terminal Aur Bukittinggi
  • 12.25 Biaro
  • 12.41 Gerbang Kabupaten Lima Puluh Kota
  • 12.48 Kota Payakumbuh
  • 12.51 Ngalau Indah
  • 13.10 Simpang Labuah Silang
  • 13.20 Akirnya sampai di rumah mertua teman saya. Ini nih mak dan anak yang kompak 😀
  • 14.15 SMK 2 Payakumbuh

     

  • Rumah Adat Bakewi
  • …. Payakumbuh dapet penghargaan Piagam Adipura lho, guys..
14 Desember 2014
Harau Resort & Otw Padang
  • …. Sekitar jam 9-an, kita cus ke Harau Resort, aseek…Nah, sebelum berangkat nih, saya dibekali dulu sarapan nasi goreng sama teman, kemasannya itu lho…ekonomis, mungil dan lucu…tapi jangan salah…enak lho, kenyang lagi 😀 Jadi iri nih sama si Ojik (panggilan keren ini teman), semua serba ekonomis, enak dan bikin kenyang… Pantes aja ya teman-teman yang ngampung di Payakumbuh pada rajin pulkam, wong surganya makanan dimana-mana.. 😀
  • ….Yuk, let’s go… Seberapa jauh sih ini?! Muter kemana-mana, saya pasrah mau dibawa kemana nih sama si Ojik sekeluarga.. Tapi serius dah, pemandangannya OK punya tau… Gila, kenapa baru sekarang bisa mampir jalan-jalan ke Payakumbuh ya??! Selama ini kemana aja?! Rugi nih yang di Payakumbuh kalau belum pernah ke Harau, belum lagi Warung Sea Food Pak Cik, waduuuu…. jadi keingat terruuuss….yummy…
  • 09.34 Tau nih si Ojik sekeluarga malah mampir di rumah makan??? Bukannya udah kenyang abis makan nasgor tuh tadi sebelum pergi???! Hm…??? Ternyata, itu buat bekal ntar abis mandi pasti pada kelaperan, haaa..tau aja… 😀 Lupa juga nih nanya nama rumah makannya apa, kayaknya Mis Munin itu deh.. Mana pemandangan diseberangnya keren lagi, ckck…
  • 09. 38 Yuhuuu…. Welcome to Harau Resort 😉

Kirain udah sampe, eeeh…ternyata masih panjang perjalanan pemirsah… :3 Tapi terbayarlah sama pemandangan sekitar yang beneran T.O.P, guys.. Maap ya, ga bisa upload semua ini foto, ntar bikin semak saking banyaknya malah banyak pula yang kecantol ntar kesana, hahaa…ember..

  • Kalau ga salah (thrue), ini dinas perikanan deh…Lupa ding.. 😀
  • 09.44 Kirain…udah beneran nyampe, ternyata…ga tau inih dimana ini sebetulnya yang Harau, dari tadi udah 2x nih “Selamat Datang”nya???
  • 09.46 Subhanallah…cantiknya… 🙂 Megah…Sayang banget ya wisata sebagus ini belum familiar (atau saya keles yang ga update?? xixi…ssst…)
  • 09.47 Horraaaay….gerbang ketiga…!!!! 😀

Akirnya, ini nih Harau yang sebenarnya… Waaaah…amazing… Grand Canyon_nya Payakumbuh, nih.. Luarrr biasa…. cantik bangeeeet… Suasananya juga masih asri, lho… Subhanallah….

  • Air Terjun 1 (Satu)
  • Air Terjun 2 (Dua)
  • Air Terjun 3 (Tiga)

Out Bond yg dikelola Pak Bustami ini siap menguji nyali, hayyooo..siapa yg mau ikut?! Seru abisss…cucunya Pak Bustami ini aja yg bernama Neva, 3 tahun, bolak-balik tanpa takut lho…Bener2 luar biasa. Insert Rp 50.000,-

  • Tanaman Khas Harau Resort
  • 15.39 Go to Padang naik Bus Sarah (lagi) langsung nih ke loketnya, sempat ketinggalan Bus juga, untung aja ini Bus selalu ada 😀
  • 15.49 Bye… Payakumbuh… (Gerbang akhir)
  • 15.51 Bye… Tanah Datar… (Gerbang akhir)
  • 17.30 Bakso Rudal Panyalaian, maceeeeeeeeeeet…………Tapi Alhamdulillah, akhirnya bebas juga dari macet panjang, gara2 toronton mati mendadak & penyelesaian kecelakaan kemarin (Padang Panjang: fuso rem blom, kecelakaan 4 mobil + 9 motor, 3 orang meninggal).
  • 17.48 Gooo….
  • 20.38 Padang, alhamdulillah, misi selesai… hari yang indah… 🙂

Harau Resort Payakumbuh

Harau Resort (Lembah Harau)

Harau Resort atau lebih dikenal dengan Lembah Harau terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Tempat ini dikelilingi oleh bebatuan granit dengan ketinggian 100-500 m dan memiliki 3 macam air terjun dengan ketinggian sekitar 100 m (BEM SI UNAN 2015).

Berdasarkan penelitian, di Lembah Harau ini terdapat jenis batu yang hanya bisa ditemukan di dasar laut. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, mereka percaya bahwa dulunya lembah ini adalah laut (BEM SI UNAN 2015).

Lembah Harau dijuluki Lembah Yosemite di Indonesia karena memiliki keindahan seperti Taman Nasional Yosemite yang terletak di Sierra Nevada California dan telah terkenal ke seluruh dunia (BEM SI UNAN 2015).

Sebelum sampai di Harau Resort, kita akan melewati 3 gerbang:

Pemandangan alam menuju Harau Resort:

Harau Resort

Air Terjun 1 (Satu)
Air Terjun 2 (Dua)
Air Terjun 3 (Tiga) & Outbond

Disini ada Out Bond yang dikelola oleh Pak Bustami, siap menguji nyali anda. Seru.. cucunya Pak Bustami ini aja yg bernama Neva, 3 tahun, bolak-balik tanpa takut. Benar-benar luar biasa. Insert Rp 50.000,-

Tanaman Khas Harau Resort

Tanaman sejenis Pakis (lupa namanya) ini dijual sekitar Rp 60.000,-. Uniknya, pada bagian akarnya menyerupai tumpukan/gumulan bulu Siamang.

Bunga Anggrek Kantong ini dijual sekitar Rp 75.000,-. Pada bagian bawah bunganya menyerupai kantong dengan warna yang indah..

Referensi
  • BEM SI UNAND 2015.
Lainnya

Tanaman Khas Harau Resort

Tanaman sejenis Pakis (lupa namanya) ini dijual sekitar Rp 60.000,-

Bunga Anggrek Kantong ini dijual…(lupa), kalau nggak salah sekitar Rp 75.000,-