Tag Archives: Kuliner

Randang Paku

Randang Paku, lamak bana..

Sayua paku (bahasa minang) dalam bahasa indonesia berarti sayur pakis. Di Jepang, dikenal dengan ใ‚ใ‚‰ใณ (warabi).

Randang paku (rendang pakis) adalah salah satu kuliner dari alam Minangkabau, Sumatera Barat. Sayangnya, masakan yang nikmat ini jarang ditemukan di rumah makan padang, berbeda dengan hidangan sejenis (sama-sama terbuat dari sayur pakis) dan lebih populer, yaitu gulai paku a.k.a gulai pakis yang sering dipakai untuk kuah lontong.

Randang paku berasal dari gulai paku yang diunyai (dimasak dengan api kecil dan cukup memakan waktu lama, harus sering diaduk merata agar tidak gosong sebagian).

Randang paku a.k.a rendang pakis is one of deliciuos traditional culinary from Minangkabau, West Sumatra.

ใƒฉใƒณใƒ€ใƒณใƒ‘ใ‚ฏ ใจใ„ใ†ใฎใฏใ‚คใƒณใƒ‰ใƒใ‚ทใ‚ขใฎ่ฅฟใ‚นใƒžใƒˆใƒฉใฎใƒˆใƒฉใƒ‡ใ‚ฃใ‚ทใƒงใƒŠใƒซ้ฃŸใน็‰ฉใงใ™ใ€‚ใ‚ใฃใกใ‚ƒ็พŽๅ‘ณใ—ใ„ใงใ™ใ‚ˆใ€‚

Gallery

Serabi

  • ย Bahan:
    • Serabi:
      • Tepung beras
      • Air putih
      • Garam
    • Kuah:
      • Santan
      • Gula aren / gula pasir
      • Garam
      • Vanile
    • Lain-lain:
      • Kelapa yang diparut
      • Gula pasir
  • Alat khusus:
    • Belanga bertutup, diameter 5cm
  • ย Cara:
    • Serabi:
      • Panaskan belanga di atas kompor dengan apu sedang.
      • Aduk rata tepung beras bersama air putih dan garam secukupnya.
      • Tuang adonan ke dalam belanga dan tunggu hingga matang (tampak kering).
      • Angkat serabi dengan sendok goreng datar.
      • Hidangkan di piring.
    • Kuah:
      • Panaskan santan+gula aren+garam & vanile secukupnya.
      • Aduk rata secara teratur agar santan tetap padu.
      • Tunggu hingga mendidih.
      • Angkat dan tuang ke serabi yang sudah direndam.
    • Catatan:
      • Jika mau dinikmati selagi panas, bisa langsung disantap atau dimakan bareng kelapa yang diparut dan dicampur gula secukupnya. Atau dikonsumsi dengan gula saja juga tetap enak ; )
      • Jika mau dinikmati dengan kuah, setelah masak, serabi langsung direndam di dalam air dingin matang sampai mengembang, tiriskan, pindahkan ke dalam wadah dan tuang kuah ke dalamnya. Hm… yummy.. ๐Ÿ™‚
Resep Ni Mar Gagah, Pasar Palembayan & Nek Mariani, Desa Piladang

Nah, mudah kan?ย So, ada yang mau coba bikin? Ini versi tradisionalnya nih, sekarang udah banyak banget versi modernnya, pasti udah pada tau dong kalau di restoran atau kafe-kafe gitu udah ada yang bikin serabi sebagai menu andalannya dengan aneka kombinasi bahan lainnya. Jadi, buat yang ogah bikin, tinggal beli deh ๐Ÿ˜€ Bahkan ada kemasan ekonomisnya juga, lho.. Bedanya, dibikin lebih mungil ๐Ÿ˜€

Martabak Mesir

This is Martabak Mesir, culinary from West Sumatra, specially Bukittinggi and Padang. The ingredients are meat, garlic, etc (Oh God, I can’t tell you about detail), but the taste is amazing, hmm… You will feel unique sensation when you try it first. You can buy it at Kubang or Bofet (restaurant alike), or some of Padang restaurant. In another place in Indonesia, like Batam and Jakarta, it is known by name Martabak Telor. Both of them so differrent, because in Martabak Telor, you will find the piece of meat so little or nothing. Hm, I think you must try it ๐Ÿ˜‰

Udah lama banget ga nyobain menu yang ini.. ๐Ÿ˜€ Namanya Martabak Mesir.. Yang belum pernah nyoba kebayang nggak rasanya gimana? Atau malah mikir, apaan sih itu? Haha, saya punya cerita unik nih tentang ini.. Dulu, pertama kali mendengar nama Martabak Mesir, ga kebayang bentuknya kayak gimana, soalnya ada embel-embel Mesirnya itu.. Terus, pas pertama kali nyobain, malah puyeng sendiri, unik rasanya.. Tapi lama-lama saya jadi suka (banget) ๐Ÿ˜€ Enak…
Ini saya beli di Kubang Hayuda, dekat PA (Plaza Andalas) Padang.. 1 porsi Rp 20.000,-. Selain disini, Martabak Mesir juga bisa kita temuin di Bofet atau Kubang (seperti restoran) lainnya, khususnya di Padang dan Bukittinggi.

Adonannya terdiri dari bungkusnya yang terbuat seperti kulit pie gitu, isinya ada daging yang dipotong kecil dan bahan lainnya (saya kurang paham detailnya apa aja). Kuahnya terbuat dari kecap dan cuka, ada potongan cabe rawitnya, tomat merah dan bawang bombay..
Nanti jangan kaget, beda Bofet beda khasnya. Contoh, saya dan teman-teman, sekitar 8 tahun yang lalu, sewaktu masih stay di Bukittinggi, di Kampung Cina kita beli Martabak Mesir tapi ada yang beda, rasa bawang bombaynya sedikit lebih kental, kebetulan empunya orang India.. ๐Ÿ˜‰ Selain disini, kita juga sering beli di depang Toko Buku Sari Anggrek, Simpang Yarsi – Bukittinggi, cuma bukanya malam hari, tepatnya abis Maghrib.. Rata-rata, Bofet atau Kubang itu memang baru buka sekitar jam 3-an, guys.. Tapi di beberapa rumah makan juga ada lho yang nyediain menu ini..
Kalau di luar Sumatera Barat, Martabak Mesir lebih populer dengan nama Martabak Telor. Bedanya, disana dagingnya sedikit bahkan tidak dikasih sama sekali.. Saya pernah nyicipin langsung nih di Batam, saya beli di Pasar Batu Aji. Ini selaras sama cerita teman saya, di Jakarta namanya juga Martabak Telor dan tidak ada dagingnya.. Saya kurang tau pasti, mungkin nama dan jenis masakannya emang beda atau namanya beda tapi jenis masakannya sama (tergantung kreasi masing-masing resto).
Yang belum nyoba, cobain gih.. Rugi banget ga pernah nyoba.. ๐Ÿ˜€

Nasi Goreng “Warung Soto Pak De”

Buat kamu-kamu yang praktek lapangan di RSUP Dr. M. Djamil Padang, pasti udah nggak asing nih sama Warung Soto Pak De yang terletak di seberang rumah sakit rujukan sesumatera itu kan?! ๐Ÿ™‚ Ini salah satu tempat favorit buat ngisi sumatra tengah alias lambung ๐Ÿ˜€
Menunya banyak, guys.. Ada nasi goreng, pecel ayam, soto, bakso, aneka minuman (jus buah, teh es, dll), hmm… komplit deh pokoknya ๐Ÿ˜‰
Tapi, saya punya makanan andalan nih disini, nasgor alias nasi goreng!! Eiiits, maap ye.. saya rada beda nih, tiap pesan nasgor, saya always request ditambah sama ayam suwir-suwir dan telurnya didadar, hm… wenak… porsinya pas dan ekonomis, Rp 8.000,- ๐Ÿ˜€ Tapi kalau kamu juga mau nyobain seleranya saya, tinggal request aja sama Pak De atau Bu De ๐Ÿ˜‰ Ntar juga disajiin sesuai pesanan ๐Ÿ™‚

Nasi gorengnya khas nih guys, bumbunya yang pasti ala Pak De sekeluarga, trus ada campuran potongan daging baksonya juga. Hidangannya dikasih sepotong tomat merah, beberapa potongan daun salada dan timun, ples kerupuk. Ntar kamu bisa request proteinnya mau telur dadar atau telur mata sapi alias telur ceplok ๐Ÿ˜€

Warung Sea Food “Pak Cik”

Warung Sea Food “Pak Cik” is culinary (Indonesian food) in Payakumbuh City, West Sumatra. The top menu are Mie Bandung, Teh Tarik (tea), Kopi Tarik (coffee) & Mie Kari. That is delicious food. You must try it when you go to Payakumbuh. The price is cheaper, it start from Rp 3.000,- ย 

Warung Sea Food "Pak Cik"  

Warung ini didirikan oleh Pak Cik, empunya warung. Ceritanya, Pak Cik lama merantau ke Malaysia.. Sekembalinya ke kampung halaman, beliau memperkenalkan Mie Bandung dan ternyata banyak digandrungi oleh masyarakat sekitar. Awalnya beliau kerja di warung orang, tapi kemudian buka warung sendiri.

Menu

Teman saya promoin Mie Bandung yang katanya terkenal di Malaysia. Kebetulan, dia memang lahir dan besarnya di Malaysia dan suka banget sama yang namanya Mie Bandung, so… saya langsung mau aja pas direkomendasiin, hihi.. Mie Bandung..????? Mungkin mienya diimpor jauh-jauh dari Bandung selama ini ke Malaysia, ga kebayang gimana repotnya.

Ternyata, Bandung itu artinya keruh, jadi Mie Bandung itu adalah mie kuning (khas) dengan kuah yang keruh. Teman saya menambahkan, kalau di Malaysia kuahnya kuah kacang, tapi mungkin karena di sini masyarakat tidak terlalu suka, jadi Pak Cik unjuk kreasi dan mengganti kuahnya dengan bumbu rempah-rempah, tapi tetep enak kok..

Hayyyoooo…berapa coba harganya?! Siapa berani taksir?? Saya yang hobby kuliner aja nih sampe ketipu, gimana engga mie semangkok gede gitu harganyaaaa….tadaaaaa Rp 10.000,- alias sepuluh rebeeeng…!!!! Ga bisa diungkapin lewat kata-kata deh enak ples kenyangnya abis makan semangkok full ๐Ÿ˜€

Temannya Mie Bandung nih, teman saya rekomendasiin Teh Tarik dan dia pesan Kopi Tarik; saya malah bengong, apalagi tuh Teh Tarik??? Hmmm….suasana Payakumbuh yang dingin karena abis gerimis, cocok banget makan Mie Bandung ples Teh Tarik itu. Kata teman saya lagi nih, teh atau kopi itu dibikinnya dengan cara ditarik-tarik (ga kebayang dah, yang jelas maknyuuuss… ๐Ÿ˜€ bodo amat dah cara bikinnya gimana ๐Ÿ˜€ ). Harganya lagi gile bener, Rp 3.000,- alias tiga rebeng bok!!! Gilaaaa… ekonomis banget…udah gitu enak lagi, hmmm…..

Coba aja Pak Cik buka cabang di Padang, pasti deh udah kena serbu, apalagi sama anak sekolahan/kuliahan/kosan, heuuuu…. Andai aja saya punya lambung cadangan, mau banget nyobain menu lainnya, tapi sayang beribu sayang besok mesti balek Padang dan hari libur Pak Cik mah kudu libur juga, hari keluarga kata beliau (Waaah, saluuuut….). Kalau nanti kesana lagi, Pak Cik rekomendasiin buat pesan Mie Kari, apalagi ituh?? Mauuuuuu….tapi gatau entah kapan bisanya mampir lagi ke Warung Pak Cik ๐Ÿ˜ฅ

Referensi

Ojik. Informasi verbal pada 13 Desember 2015.

Sate Mega

Guys, ada yang kenal Sate Mega, nggak??! Ini sate favorit saya sejak SMP, sepupu saya yang ngenalin, sampe sekarang saya tetep suka.. Ini menu andalan yang wajib disantap saya dan adik saya sewaktu belanja dapur ke Pasar Lubuk Buaya. Abis itu baru deh keliling… Yang saya tau, Sate Mega cuma ada dua cabang di Pasar Lubuk Buaya dengan jarak yangย  tidak begitu jauh diantara keduanya. Eh, ternyata… Di Simpang Lalang Tabing ada; teruuuus, eh… di parkiran motor depan pasar juga kita temuin gerobaknya..?! Eh, di Simpang Kalumpang, deket lapangan bola, berdiri kokoh itu tenda?! Hm…???? Ternyata, setelah diwawancarai, di Pasar Lubuk Buaya mereka ada 2, yang di parkiran motor itu buat jualan malam, sorenya ada buka di Simpang Kalumpang dan Simpang Lalang Tabing. 1 porsi penuh Rp 10.000,-; Setengah porsi Rp 6.000,-. Maknyus dah pokoknya ๐Ÿ™‚ Setelah BBM naik, hargapun ikut naik menjadi Rp 11.000,- 1 porsi penuh dan Rp 7.000,- setengah porsi. Kuahnya itu lho, unik…emang beda dari sate kebanyakan, coz warnanya original olahan kacang (beda sama sate Bukittinggi yang kuahnya cenderung kuning atau sate Ajo -Pariaman- yang agak kemerahan), rasanya….hm,….yummy…enak dan bikin kenyang.. ๐Ÿ™‚ Mau pake kripik ubi?! tinggal nambah Rp 1.000,- dan kadang-kadang juga ada nyediain bakwan, lho… ๐Ÿ˜€

Bacpacking To Payakumbuh

13 Desember 2014
Pai Baralek & Warung Sea Food "Pak Cik"

It’s time to going to wedding party… Yuhuuu….. ๐Ÿ˜€ Niat awalnya siy abis baralek (kenduri) ini, saya langsung balik ke Padang, eh teman saya malah nawarin buat nginap di tempatnya dulu dengan seabrek iming-iming travelling ples kuliner, saya jadi 50:50, berasa ogahan… Hm, yang namanya perjalanan jauh ga pernah bisa kita prediksi, walhasil saya nyerah, teman saya menang, saya nebeng dah tempat dia ๐Ÿ˜€ Untung aja udah prepare juga sedari humz, jadi ga repot deh mau nginap apa engga ๐Ÿ˜€ (Belajar dari pengalaman, sedia payung sebelum hujan, dari pada ntar merogoh kocek pula nak beli serba baru, mending dialokasikan buat keperluan lain, ya nggak?! ๐Ÿ˜€ ). Cus, kebetulan saya naik Bus Sarah nih yang katanya deket dari rumah teman saya itu. ๐Ÿ™‚ Ongkos Rp 25.000,- (dua puluh lima rebeng) sejak BBM naik ๐Ÿ˜€ .

  • 09.46 SGO Lubuk Buaya
  • 12.10 Terminal Aur Bukittinggi
  • 12.25 Biaro
  • 12.41 Gerbang Kabupaten Lima Puluh Kota
  • 12.48 Kota Payakumbuh
  • 12.51 Ngalau Indah
  • 13.10 Simpang Labuah Silang
  • 13.20 Akirnya sampai di rumah mertua teman saya. Ini nih mak dan anak yang kompak ๐Ÿ˜€
  • 14.15 SMK 2 Payakumbuh

     

  • Rumah Adat Bakewi
  • …. Payakumbuh dapet penghargaan Piagam Adipura lho, guys..
14 Desember 2014
Harau Resort & Otw Padang
  • …. Sekitar jam 9-an, kita cus ke Harau Resort, aseek…Nah, sebelum berangkat nih, saya dibekali dulu sarapan nasi goreng sama teman, kemasannya itu lho…ekonomis, mungil dan lucu…tapi jangan salah…enak lho, kenyang lagi ๐Ÿ˜€ Jadi iri nih sama si Ojik (panggilan keren ini teman), semua serba ekonomis, enak dan bikin kenyang… Pantes aja ya teman-teman yang ngampung di Payakumbuh pada rajin pulkam, wong surganya makanan dimana-mana.. ๐Ÿ˜€
  • ….Yuk, let’s go… Seberapa jauh sih ini?! Muter kemana-mana, saya pasrah mau dibawa kemana nih sama si Ojik sekeluarga.. Tapi serius dah, pemandangannya OK punya tau… Gila, kenapa baru sekarang bisa mampir jalan-jalan ke Payakumbuh ya??! Selama ini kemana aja?! Rugi nih yang di Payakumbuh kalau belum pernah ke Harau, belum lagi Warung Sea Food Pak Cik, waduuuu…. jadi keingat terruuuss….yummy…
  • 09.34 Tau nih si Ojik sekeluarga malah mampir di rumah makan??? Bukannya udah kenyang abis makan nasgor tuh tadi sebelum pergi???! Hm…??? Ternyata, itu buat bekal ntar abis mandi pasti pada kelaperan, haaa..tau aja… ๐Ÿ˜€ Lupa juga nih nanya nama rumah makannya apa, kayaknya Mis Munin itu deh.. Mana pemandangan diseberangnya keren lagi, ckck…
  • 09. 38 Yuhuuu…. Welcome to Harau Resort ๐Ÿ˜‰

Kirain udah sampe, eeeh…ternyata masih panjang perjalanan pemirsah… :3 Tapi terbayarlah sama pemandangan sekitar yang beneran T.O.P, guys.. Maap ya, ga bisa upload semua ini foto, ntar bikin semak saking banyaknya malah banyak pula yang kecantol ntar kesana, hahaa…ember..

  • Kalau ga salah (thrue), ini dinas perikanan deh…Lupa ding.. ๐Ÿ˜€
  • 09.44 Kirain…udah beneran nyampe, ternyata…ga tau inih dimana ini sebetulnya yang Harau, dari tadi udah 2x nih “Selamat Datang”nya???
  • 09.46 Subhanallah…cantiknya… ๐Ÿ™‚ Megah…Sayang banget ya wisata sebagus ini belum familiar (atau saya keles yang ga update?? xixi…ssst…)
  • 09.47 Horraaaay….gerbang ketiga…!!!! ๐Ÿ˜€

Akirnya, ini nih Harau yang sebenarnya… Waaaah…amazing… Grand Canyon_nya Payakumbuh, nih.. Luarrr biasa…. cantik bangeeeet… Suasananya juga masih asri, lho… Subhanallah….

  • Air Terjun 1 (Satu)
  • Air Terjun 2 (Dua)
  • Air Terjun 3 (Tiga)

Out Bond yg dikelola Pak Bustami ini siap menguji nyali, hayyooo..siapa yg mau ikut?! Seru abisss…cucunya Pak Bustami ini aja yg bernama Neva, 3 tahun, bolak-balik tanpa takut lho…Bener2 luar biasa. Insert Rp 50.000,-

  • Tanaman Khas Harau Resort
  • 15.39 Go to Padang naik Bus Sarah (lagi) langsung nih ke loketnya, sempat ketinggalan Bus juga, untung aja ini Bus selalu ada ๐Ÿ˜€
  • 15.49 Bye… Payakumbuh… (Gerbang akhir)
  • 15.51 Bye… Tanah Datar… (Gerbang akhir)
  • 17.30 Bakso Rudal Panyalaian, maceeeeeeeeeeet…………Tapi Alhamdulillah, akhirnya bebas juga dari macet panjang, gara2 toronton mati mendadak & penyelesaian kecelakaan kemarin (Padang Panjang: fuso rem blom, kecelakaan 4 mobil + 9 motor, 3 orang meninggal).
  • 17.48 Gooo….
  • 20.38 Padang, alhamdulillah, misi selesai… hari yang indah… ๐Ÿ™‚

Bakso Bakar Madura


Hmm..yummy..yg ke Pasar Raya Padang, hayyoooo rugi ga singgah disini..Belok aja bentar ke Taplau alias Tepi Laut (nama lain dari Pantai Padang), sore2 ada jual ini nih..
๐Ÿ˜€

Bakso Bakar Madura

Sebelum BBM naik, 6 tusuk = Rp 5.000,-; tapi setelah BBM naik, porsi Rp 5.000,- dikurangi 1 tusuk jadi 5 tusuk, tapi rasanya ga berkurang lho… Weeenak rek.. ๐Ÿ˜€