Wisata Sumbar (Ranah Minang)

Selamat datang di Sumatera Barat, Ranah Minang. Welcome to West Sumatra (land of Minangkabau), Indonesia. Enjoy with our beautiful place, delicious culinary (Rendang is no. 1 in the world, isn’t it?), and unique cultures. インドネシアの西スマトラはきれいな所や様々な美味しい食べ物(特にレンダン)やユニック文化がある。

Padang

Kepulauan Mentawai

  • Pulau Siberut
  • Pulau Sipora
  • Pulau Pagai Utara
  • Pulau Pagai Selatan
  • Air Terjun Kulu Kubuk

Padang Pariaman

Pariaman

Padang Panjang

  • Lubuk Mata Kucing (Lubuak Mato Kuciang)
  • Air Terjun Lembah Anai
  • Kolam Air Jernih (Tabek Aia Janiah)
  • Rumah Puisi Taufik Ismail, Panyalaian
  • Mifan

Bukittinggi

Agam

Payakumbuh

  • Lembah Harau (Harau Resort)
    • Air Terjun 1
    • Air Terjun 2
    • Air Terjun 3
  • Air Terjun Lubuk Batu Bulan
  • Air Terjun Lubuk Bulan
  • Air Terjun Sarasah Tanggo
  • Air Terjun Tanjung Jaro
  • Batang Tabik
  • Kelok 9
  • Rumah Adat Bakewi
  • Palo Banda
  • Padang Mangateh
  • Ngalau Indah

Pesisir Selatan

Pasaman

  • Pasaman Barat
    • Ikan Larangan Lubuak Landua, + 10 km kota Simpang Ampek
    • Goa Jepang, Kec. Talamau
    • Pemandian Air Panas, Kec. Talamau
    • Air Terjun Simpang Panco, Kec. Kinali
    • Bendungan Batang Tongar, + 10 km sebelah timur Simpang Ampek
    • Bendungan Batang Kenaikan, Kec. Gunung Tuleh
    • Gunung Batu, Kec. Lembah Malintang
    • Danau Indah, Koto Balingka
    • Goa Kepang, Kec. Sungai Beremas
    • Gunung Talamau
    • Pantai Sasak, Nagari Sasak, Kec. Sasak
  • Pasaman Timur
    • CagarAlamRimboPanti,Kec.Panti
      • Aia Angek Rimbo Panti

Sawahlunto

  • Gedung Pusat Kebudayaan Sawahlunto
  • Museum Kereta Api Sawahlunto
  • Taman Satwa Kandi (Kebun Binatang Sawahlunto)
  • Air Terjun Rantih
  • Lobang Tambang Mbah Suro
  • Gudang Ransum
  • Danau Biru
  • Lokasi Paralayang

Sijunjung

  • Air Terjun Pelukahan

Dharmasraya

  • Bendungan Batanghari

Batusangkar

  • Istana Basa Pagaruyuang
  • Talago Gunuang

Solok

  • Danau Kembar: Danau Diatas & Danau Dibawah
  • Kebun Teh Alahan Panjang
  • PuncakPulau / “Puncak Thailand”
    • Danau Singkarak
  • Danau Talang, Alahan Panjang
  • Gunung Talang
  • Pemandian Air Panas (Pamandian Aia Angek)

Solok Selatan

  • Air Terjun Timbulun Koto Birah
  • Air Terjun Timbulun Sangir
  • Air Terjun Ulu Suliti
  • Kawasan Seribu Rumah Gadang

Other

  • Air Terjun Lubuk Tampuruang
  • Air Terjun Lubuk Bonta
  • Air Terjun Lubuk Paraku
  • Air Terjun Timbulun Batang Liki
  • Air Terjun Talang Sepintir
  • Air Terjun Tangsi Empat
  • Air Terjun Batang Daun
  • Air Terjun Lambe
  • Air Terjun Nango
  • Air Terjun Buluh Kasok
  • Air Terjun Koto Salo
  • Air Terjun Timbulun Indah Pulau Punjung
  • Air Terjun Padukoan
  • Air Terjun Tanjung Bonai
  • Air Terjun Mayang Taurai
  • Bukit Takuruang
  • Benteng Van Der Capellen
  • Danau Kandi
  • Gedung Indo Jalito
  • Lubang Suro
  • Museum Adityawarman
  • Museum Gempa 30 September
  • Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka
  • Panorama Tabek Patah
  • Pantai Sago
  • Pulau Keong
  • Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM)
  • Rumah Budaya Fadli Zon
  • Rumah Gadang 20
  • Rumah Gadang Kampai Nan Panjang
  • Taman Nasional Kerinci Seblat
  • Taman Siti Nurbaya
  • Lubuak Paraku
  • Pantai Karang Tirta
  • Patung Tigo Tungku Sajarangan, Lintau Buo Utara
  • Puncak Pato, Lintau Buo Utara
  • Pulau Setan
  • Panorama Tabek Patah
  • Gunung Singgalang

Referensi

  • BKPM “Indonesia Investment Coordinating Board”. 2013. Potensi wisata alam di kabupaten Pasaman Barat. Diakses pada tanggal 22 Juli 2015.
  • #infosumbar via Instagram. Diakses pada tanggal 21 Juli 2015.
  • Padang Indah Kemilau Tour & Travel. 2010. 24 lokasi wisata yg terkenal di Sumbar. Diakses pada tanggal 21 Juli 2015.
  • BEM KM UNAND. 2015.
  • Aminuddin, A. W. n. d. Daftar nama tempat wisata di Sumatera Barat. Diakses pada tanggal 20 Juli 2015.
  • Pemerintah Kota Bukittinggi Propinsi Sumatera Barat (website resmi) diakses pada 12 September 2015.
  • Beberapa info dishare oleh Geni.
  • Info wisata Sawahlunto dishare oleh Hendro pada 23 Maret 2017.

Keterangan Waktu dalam Bahasa Minang

Waktu (Wakatu)

BesokBisuak
HariAri  
KemarenPatang, patang ko, sariano
Kemaren lusaPatang ciek lai
Minggu lalu  Minggu nangko  
Nanti  Beko, nancik
PukulPukua
SebentarSabanta, santa
Sebentar lagiSabanta lai/li, cah lai/li,santa lai/li, kutu (lah)
SekarangKini
Olha Chayo, versi 2020

Angka dalam Bahasa Minang

Angka (Angko)

1SatuCiek
2DuaDuo
3TigaTigo
4EmpatAmpek
5LimaLimo
6EnamAnam  
7TujuhTujuah
8DelapanLapan
9SembilanSambilan
10SepuluhSapuluah
11SebelasSabaleh
12Dua belasDuo baleh
13Tiga belasTigo baleh
14Empat belasAmpek baleh
15Lima belasLimo baleh
16Enam belasAnam baleh
17Tujuh belasTujuah baleh
18Delapan belasLapan baleh
19Sembilan belasSambilan baleh
20Dua puluhDuo puluah
30Tiga puluhTigo puluah
100SeratusSaratuih, saratuh (Payakumbuh)
1.000SeribuSaribu, saibu, sibu
10.000Sepuluh ribuSapuluah ribu, sapuluah ibu
100.000Seratus ribuSaratuih ribu, saratuih ibu
1.000.000SejutaSajuta
1/2SetengahSapatigo
1/3SepertigaSaparampek
1/4SeperempatSeperempat
1/8SeperdelapanSapalapan
Olha Chayo, versi 2020

Kata Sapaan dalam Bahasa Minang

Kata Panggilan/Sapaan (Sapo)

AbangUda, udo
Adek / AdikAdiak
AnakPaja, anak
BapakApak, Abak
BibiMak uwo
Bibi (paling besar)Makdang (mak uwo paliang gadan)
Bibi (tengah)Makngah (mak uwo nan tangah)
Bibi (paling kecil)Makcik, makciak (mak uwo nan paliang kaciak)
DatukDatuak
Ibu/BundaBundo, amak, amai, one, mandeh, mande, uwaik
KakakUni, uniang (Pariaman), unang
KakekInyiak, atuak, niniak
Kamu/AndaAng, kau, diang (Pasaman), akau, gau, agau
Laki-lakiBujang
NenekEnek
Nenek buyutAnduang
OmMamak, pak etek
Om (paling besar)Pak adang, makdang (mamak nan paliang gadang)
Om (tengah)Pak angah, makngah (mamak nan tangah)
Om (paling kecil)Pakcik, makciak (mamak nan paliang kaciak),
Orang MinangUrang awak
PendekarPandeka
PerempuanPadusi
Perempuan (lajang)Gadih
SaudaraDunsanak, ampuang, sanak
SayaAmbo, awak, aden, waden, denai
TanteEtek
Olha Chayo, versi 2020

Sup Daging

Menu kreasi rumahan yang gampang dibikin.

Bahan

  • Daging sapi
  • Wortel
  • Kentang
  • Daun Bawang
  • Daun Sup
  • Bumbu Sup
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Bawang goreng

Persiapan

  • Rebus daging sampai matang, tambahkan garam
  • Rajang bawang merah, bawang putih, daun bawang, daun sup.
  • Giling merica

Cara

  • Tumis bawang merah, bawang putih dan daun bawang
  • Tambahkan rebusan daging beserta airnya
  • Aduk rata, tunggu sampai mendidih
  • Masukkan kentang dan wortel
  • Tambahkan daun sup dan bumbu sup
  • Tunggu sampai matang
  • Tambahkan bawang goreng
  • Angkat dan sajikan

Kue Rangi

Tau ngga sih kue rangi itu apa?! Secara, katanya kue ini udah langka.. (Pantes yak, nggak familiar..)

Kue rangi, kue jadul-nya betawi..

Terbuat dari adonan sagu, parutan kelapa muda dan garam. Adonan ini diaduk, lalu dibakar diatas cetakan seperti cetakan kue pancung; bedanya, lengkungan lebih dangkal dan tidak perlu dipisah/dipotong (setelah matang). Sebelum disajikan, diolesi toping gula merah yg juga dikombinasikan dengan tepung sagu.

Hmm.. biar kata orang ini kue jadul, kalau disantap selagi anget, enak!! Gurih.. renyah.. lembut.. rasanya juga pas (nggak terlalu manis).

Uniknya, ini dijajakan oleh pedagang kaki lima dengan tetep diolah secara tradisional (dimasak pake tungku!), hayyooo lho.. (Luar biasa, orang Indonesia memang kreatif!!)

Kue rangi memang tak sepopuler kue khas betawi lainnya seperti kerak telor, kue ape, dll; tapi ini bisa jadi salah satu kuliner alternatif buat kulinermania yang suka banget sama jajanan tradisional 👍👍


  • 🇲🇨 Jakarta | ジャカルタ
  • 📍 Jl. Otista 1A
  • 📌 Indonesian Street Food
  • 🏠 Depan Warteg Bunda Fatir
  • 📝 Kue Rangi | クエランギ
  • 💵 Rp 5.000,- (IDR 5k)


Gallery

Berlibur ke Penangkaran Rusa di Cariu

Menurut seorang penjaga, penangkaran rusa di Cariu a.k.a Wisata Taman Rusa Tanjung Sari ini sudah ada sejak tahun 2006, namun baru dibuka untuk wisata sekitar tahun 2014.

Hari ini, Sabtu siang tanggal 28 Desember 2019, rusa yang terlihat hanya ada 5 ekor, 1 ekor rusa tutul dan 4 ekor rusa timor. Kemana rusa lainnya? Pengunjung juga tampak tak banyak, kenapa ya?

Ternyata, berdasarkan informasi dari warga setempat, rusa ini sebetulnya banyak, mencapai 200 ekor. Tapi beberapa diantaranya ada yang dikirim ke daerah lain (mungkin untuk mengisi kebun binatang atau penangkaran lainnya); ada juga yang kembali ke hutan dengan melewati pagar pembatas yang ada diantara padang rumput dengan hutan, biasanya mereka akan kembali ke padang rumput di waktu tertentu (pagi atau sore) untuk mencari makan.

Ada waktunya pengunjung yang datang akan sangat ramai dan ada waktunya seperti sekarang, sepi.. Biasanya di akhir tahun atau libur besar, tempat ini cukup diminati.

Pengunjung diperbolehkan untuk memberi makan dan berinteraksi langsung dengan para rusa, tentunya dengan pengawasan dari penjaga. Pengunjung bisa membeli makanan berupa ubi rambat yang sudah di potong-potong memanjang seharga Rp 10.000,- di jalan menuju padang rumput ataupun di pondokan yang ada di dalam area padang rumput.

Rusa Tutul

Rusa dengan nama latin Axis Axis ini menjadi favorit dari sebagian besar pengunjung yang datang, karena bentuknya nan indah. Bulunya halus berwarna coklat sawo matang dan bermotif tutul putih.

Habitatnya di padang rumput, semak, dan batas hutan yang memiliki sumber air minum. Rusa ini bukanlah jenis rusa asli Indonesia, melainkan dari Sri Langka, Nepal, Bangladesh dan India.

Karena rusa tutul adalah herbivora, biasanya memakan rumput, daun, bunga dan biji-bijian tertentu.

Rusa ini hidup berkelompok, biasanya sekitar 2-6 ekor. Karena tergolong mamalia, rusa ini berkembang biak dengan beranak.

Rusa Timor

Rusa dengan nama latin cervus timorensis ini adalah penghuni terbanyak di penangkaran cariu. Rusa timor adalah salah satu spesies rusa endemik di Indonesia selain Rusa Sambar (Cervus Unicolor), Rusa Bawean (Axis Kuhlii) dan Muncak (Muntiacus Muntjak).

Rusa timor dikenal juga dengan nama Rusa Jawa, Javan Rusa, Javan Deer dan Timor Deer. Rusa asli jawa dan bali ini menjadi fauna identitas daerah Nusa Tenggara Barat (NTB).

Rusa ini memiliki bulu coklat abu-abu hingga coklat tua kemerahan, rusa jantan memiliki warna lebih gelap. Warna di bagian perutnya lebih terang dari bagian punggungnya. Rusa jantan memiliki tanduk bercabang tiga dengan ujung yang runcing dan kasar.

Habitatnya di savana dan vegetasi hutan. Sama seperti rusa tutul, hewan herbivora inipun juga memamah biak, berkembang biak dengan beranak; dan juga hidup berkelompok.

Tiket

Tempat pembelian tiket berupa pondok mungil yang ada di depan tempat parkir.

  • Tiket parkir mobil Rp 10.000,-
  • Tiket parkir motor Rp 5.000,-
  • Tiket masuk anak-anak dibawah 3 tahun: GRATIS!
  • Tiket masuk anak-anak 3 tahun keatas Rp 20.000,-
  • Tiket masuk dewasa Rp 20.000,-

Akses

Akses ke lokasi masih belum praktis, baru bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi. Perjalanan dari Jakarta (Timur) melewati Jonggol memakan waktu sekitar 2,5-3 jam dengan mobil.

Gerbang destinasi ini ada 2, sayangnya untuk akhir tahun 2019 ini akses ke lokasi dari gerbangnya tergolong rumit. Gerbang yang ada plang Taman Rusa Tanjung Sari memiliki turunan curam; jalan kecil berkerikil kasar ini ideal untuk 1 mobil, pastikan untuk turun perlahan dengan hati-hati. Gerbang lainnya sedikit lebih baik, hanya saja melalui tanah liat yang rawan longsor, perlu jeli dipertigaan, karena bisa saja ada mobil lain dari arah bawah yang kurang terlihat.

Dari tempat parkir, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 100 meter melewati jembatan bambu. Selain itu, pengunjung perlu memperhatikan peraturan yang ada, yaitu: maksimal penyeberang adalah 5 orang; tidak diperkenankan selfie saat melintas di jembatan

Fasilitas

Penangkaran ini dilengkapi dengan fasilitas parkir kendaraan, toilet, mading (papan informasi), mushalla bagi yg muslim, dan sepertinya ada cottage juga. Selain itu, juga ada arena bermain anak-anak dan area selfie di bagian bawah padang rumput atau di dekat sungai.

Fasilitas lainnya ada kolam renang berbayar. Dengan merogoh kocek Rp 10.000,- bisa menikmati wahana mandi-mandi ini. Lokasinya dekat dengan jembatan penyeberangan, hanya dibatasi pagar saja.

Bagi yang mau berbelanja, di luar area padang rumput banyak jajanan lokal dan instan yang dikelola oleh warga setempat.

Catatan

  • Pada musim hujan, jalanan agak licin, harap berhati-hati.
  • Demi menjaga kesehatan, jangan lupa membawa hand sanitizer dan cuci tangan setelah berinteraksi dengan rusa atau sebelum menyentuh makanan.
  • Ketika pengunjung datang, biasanya rusa mendekat, apalagi jika membawa tentengan atau tas, karena dikira membawa makanan. Pengunjung harap berhati-hati; biar aman, simpan makanan dan keluarkan sedikit demi sedikit.
  • Jangan mengganggu satwa yang lagi istirahat.

Gallery

Referensi

  • Wawancara dengan seorang penjaga dan seorang penduduk lokal.
  • Mading yang ada di penangkaran.

Refreshing ke GOR Rawamangun

Di Jakarta, ada beberapa tempat yang recommended buat refreshing. Khususnya bagi pecinta olahraga, ada banyak fasilitas umum yang bisa digunakan secara gratis!

Salah satu destinasi yang dimaksud ada di GOR Rawamangun. Tempat ini dikenal juga dengan nama Gelora Rawamangun, GOR Pemuda, Gelanggang Olahraga Rawamangun, GOR Balap Sepeda Rawamangun atau GOR Velodrome.

Fasilitas

Di dalam kawasan ini ada GOR, taman bermain yang adem lengkap dengan kursi taman dan dekorasi nan unik, Jakarta International Velodrome a.k.a Gelanggang Olahraga Velodrome, Stasiun LRT Velodrome, Lapangan Basket, Gedung Squash, Kolam Renang, Lapangan Tenis Indoor & Outdoor, fasilitas olahraga outdoor, fasilitas pendukung olahraga, batu pijakan relaksasi, dll.

Masing-masing gedung menyediakan berbagai fasilitas lainnya yang tak kalah lengkap, seperti: TOILET pria & wanita, loker, lobby, tempat duduk penonton, lapangan olahraga, kantin, mushalla bagi yang muslim, dsb.

Jakarta International Velodrome

Jakarta International Velodrome a.k.a Gelanggang Olahraga Velodrome adalah salah satu gedung iconic yang paling disukai oleh para pengunjung.

Memang tidak boleh sembarang orang bisa masuk, tapi berada di berandanya saja sungguh mengagumkan, view-nya kece badai!! Kita bisa melihat taman yang apik, 20 lebih tiang bendera yang terpancang rapi, juga LRT yang sesekali melintas di Stasiun LRT Velodrome.

Walaupun tidak bisa masuk, kita bisa mengintip bagian dalam gelanggang balap sepeda ini dari pintu kaca, dinding di sisi pintu masuk masih menyisakan lukisan icon ASEAN Games 2018 yang masih colorful, ngangenin yaa.. Selain itu, deretan kursi tampak tersusun dengan sangat rapi di dalam Velodrome yang di tengahnya ada arena melengkung tempat balap sepeda.

Event

Kompleks fasilitas olahraga yang luas ini menjadi bagian dalam pesta olahraga ASEAN Games 2018. Tak heran, jika pengunjung masih banyak menemukan sisa-sisa icon ASEAN Games yang sukses digelar di tahun lalu itu.

Lain-lain

Antusiasme masyarakat di Jakarta untuk berolahraga juga patut diacungi jempol, terlihat dari ramainya GOR Rawamangun, terutama di akhir pekan. Bukan hal yang aneh, bila melihat ada yang rela ngantri untuk menggunakan fasilitas olahraga yang ada di sisi kanan pintu masuk. Jika ada senam, yang ikut sampai memenuhi jalan di depan GOR.

Tak hanya fasilitasnya yang luar biasa lengkap dan memadai, di GOR juga ada beberapa stand kuliner buat yang mungkin mau sarapan atau sekedar membeli air meneral untuk pelepas dahaga.

Akses

Akses ke lokasi sangat praktis, bisa ditempuh dengan Transjakarta (busway) berhenti di Halte Velodrome dan berjalan kaki menelusuri JPO beberapa menit. Budget yang dibutuhkan ekonomis, sekitar Rp 7.000,- PP.

Kamus

  • JPO = Jembatan Penyeberangan Orang
  • PP = Pulang-pergi
  • GOR = Gelanggang Olahraga

Gallery

  • Instagram: @olha_chayo #jejaklangkaho 👉 Pohon

Catatan

  • Mulai dari tanggal 21 Oktober 2019 s/d SELESAI, ada perbaikan di GOR. Jadi, arena lari ini tutup sementara waktu hingga perbaikan selesai.
  • Biasanya, mulai dari kaki JPO hingga depan pintu masuk ada beberapa pedagang kaki lima yang menjual aneka makanan, namun entah mulai ditertipkan atau bagaimana, mulai terlihat sepi. Beberapa mobil aparat terlihat standbye di sekitar pintu masuk GOR.

Rekomendasi Link

Tongseng Maknyuss di Area PGC

Tongseng adalah sejenis gulai dengan bumbu yang lebih komplit dan berasa manis, pedas dan gurih. Daging yang umum digunakan adalah daging kambing. Namun, cukup banyak juga yang menggunakan daging lain seperti daging sapi atau daging ayam.

Di jaman ‘now’, kuliner khas Jawa Tengah yang maknyus ini bisa dibeli di banyak tempat, mulai dari warung kaki lima hingga restoran mahal.

Di Jakarta, ada salah satu tempat yang paling direkomendasi oleh para penikmat kuliner, tepatnya di depan JPO Halte PGC1 arah Cawang. Warung kaki lima ini buka dari jam 10 malam hingga pukul 5 Subuh; itupun kalau pelanggan sepi banget, karena biasanya, ketika warung ini buka, langsung diserbu oleh para pecinta tongseng.

Tongseng sapi yang dijual disini terdiri dari kombinasi daging sapi berlemak cair yang empuk dan mlumer, sayur kol nan renyah, potongan cabe rawit yang memberikan percikan-percikan pedas yang bikin nagih di mulut, kuah santan berbumbu khas yang klop, dengan toping bawang goreng yang juga renyah. Benar-benar menggugah selera makan siapa saja.

Selain tongseng sapi, ada juga menu lainnya yang tak kalah enak, seperti: tongseng ayam, pecel lele dan pecel ayam. Minuman hangat atau dinginpun juga ada lho: air mineral, es jeruk, es teh manis dan jeruk panas.

Sssst.. Soal harga, jangan ditanya, pastinya ekonomis!! Ini nih bocorannya:

  • Pecel lele atau pecel ayam Rp 19.000,-
  • Tongseng sapi atau tongseng ayam Rp 20.000,-

Gallery

  • Tongseng depan PGC (soon)

Catatan

  • Tongseng lebih nikmat disantap selagi hangat
  • Saat makan makanan yang hangat, sebaiknya jangan langsung minum minuman dingin, karena bisa mengakibatkan masalah pada gigi

Referensi

  • Lisa and the gang (Sayonara Party Lisa)

Pisang Kapik

Buat teman-teman yang sekarang lagi liburan ke Bukittinggi, jangan lupa nyicipin kuliner yang satu ini, namanya pisang kapik.

Apa itu pisang kapik?

Pisang kapik terbuat dari pisang batu yang dijepit dengan alat khusus.

Awalnya, pisang kepok dibakar dengan bara hingga matang dan biasanya agak sedikit gosong, kemudian dijepit dengan alat khusus dan dibubuhi dengan toping kelapa parut yang sudah diolah dengan gula merah.

Rasanya gimana?

Rasanya, jangan ditanya, enak!! Rasa khas pisang kepok yang dibakar bercampur manisnya toping kelapa.

Sebaiknya segera disantap selagi hangat.

Harganya?

Yang pasti, ekonomis!

Bisa dibeli dimana?

Pisang kapik menjadi salah satu kuliner teranyar di Pasar Atas Bukittinggi, terutama di dekat Jam Gadang (di sekitar puncak Janjang Gudang), di seberang Masjid Raya Bukittinggi, di gang menuju Los Lambuang.

Tidak hanya di Bukittinggi saja, pisang kapik juga bisa dibeli di Kota Padang: di Pasar Raya, tapi memang tak sekomplit di Pasar Atas Bukittinggi.

Gallery

Kamus Bahasa Minang-Indonesia

  • Pisang = Pisang
  • Pisang Batu = Pisang kepok
  • Baro = Bara
  • Kapik = Jepit
  • Kelapa = Karambia, karambie
  • Janjang Gudang = Nama sebuah jenjang yang menghubungkan area depan Hotel Jogja dengan Pasar Atas Bukittinggi
  • Saka = Gula merah
  • Los Lambuang = Nama sebuah tempat di Pasar Lereng, tempat kuliner yang didominasi oleh nasi kapau & katupek sayua
  • Pasa = Pasar

Rekomendasi Link

Referensi

  • Foto diambil dari Koleksi Album Photo Geni

Kungfu Cha ‘Seni Meminum Teh ala Taiwan’

Pernahkan Anda mendengar tentang ‘kungfu cha’? Mungkin mendengar kungfu sudah familiar ya ketimbang kungfu cha?!


Sore ini, ketika saya bersama seorang teman sedang melintasi sebuah toko teh taiwan yang berlokasi di Mall Kota Kasablanka, tiba-tiba langkah kaki kami terhenti sewaktu melihat salah satu set minum teh, antik.. Terlebih, lagi ada diskon!

Awalnya kami mampir hanya sekedar melihat-lihat saja. Semua peralatan penyajian teh yang seperti bernuansa cina itu bikin salfok! Cantik banget..

Setelah berkeliling, dengan ramah seorang karyawan toko menawarkan kami untuk menyicipi teh. Dengan semangat 45, kami langsung mengiyakan.

Kami kira, tehnya bakal dituang dari teko dan langsung diminum. Eh, ternyata, karyawannya mempersilahkan kami duduk (kursinyapun antik!) dan kami menyaksikan penyajian teh yang menakjubkan..

Sesi Pertama

Sesi ini dimulai dari persiapan peralatan. Karyawan tersebut meletakkan nampan kecil masing-masing dihadapan kami. Bukan hanya kami, iapun ikut menaruhnya di hadapannya. Dengan alat menyerupai pinset, gelas kecil dikeluarkan dari steam.

Ia mengelap bagian bawah gelas ke sebuah handuk yang sengaja diletakkan dengan posisi terbuka di atas meja dan menaruhnya diatas nampan kami satu per satu. Cara yang samapun dilakukan untuk cawan kecil yang kemudian ditaruh di atas nampan (di sebelah kiri gelas).

Lalu, karyawan itu mengambil guci kecil tertutup dan membukanya. Ternyata, isinya adalah teh!

Daun teh yang sudah kering dituangkan dari guci ke sendok takar yang terbuat dari kayu. Penuangan inipun bukan asal tuang, digerakkan seperti setengah lingkaran hingga daun teh tertuang dengan teratur. Setelah itu, ada lagi alat seperti stik yang digunakan untuk menggiring bongkahan kecil daun teh dari sendok takar ke dalam cawan yang berukuran lebih besar. Teh tersebut diseduh dengan air hangat, lalu cawan ditutup.

Setelah didiamkan sekitar 15 menit, tutup cawan sedikit dimiringkan, teh ditiriskan ke dalam poci terbuka. Bagian bawah poci dilap dengan handuk. Baru kemudian teh dituang ke gelas dengan cara yang khas.

Eits, jangan langsung main minum aja, cawan kecil ditaruh ke atas gelas berisi teh, kemudian dibalikkan. Gelas dibuka dengan gerakan sedikit memutar dan diangkat.

Kebetulan teh yang kami request adalah teh oolong dengan aroma jasmine. Gelas kecil yang sudah kosong bisa dicium aromanya, wangi jasmin dan segarnya dedaunan.. Gelas ini kemudian dipegang dengan kedua tangan dan boleh digulirkan hingga lengan untuk memberikan efek relaksasi.

Sesi Selanjutnya

Berbeda dengan sesi pertama, di sesi kedua dan seterusnya, tinggal menyeduh air hangat ke cawan berpenutup. Lalu dituang ke poci terbuka, bagian bawah poci di lap dengan handuk. Selanjutnya teh dituangkan ke cawan kecil, bisa langsung diminum.

Gallery

  • Instagram: @olha_chayo #jejaklangkaho 👉 Kungfu Cha

Catatan

  • Kungfu Cha bukan hanya sekedar seni meminum teh saja, ini bermakna penghormatan tuan rumah kepada tamu dan juga pengikat hubungan silaturrahim.
  • Gemericik air teh yang dituangkan juga mampu memberi efek relaks, maka sebaiknya minum teh dilakukan di tempat yang tenang.
  • Teh oolong ini bisa diseduh hingga 4x. Bentuknya yang kering berwarna hitam akan berubah menjadi kehijauan. Ampasnya bisa digunakan untuk masker.
  • Cara menuang teh, memegang gelas kecil dan cawan kecilpun ada caranya.
  • Dari beberapa sumber, ‘kungfu cha’ dikenal sebagai seni menyeduh teh secara tradisional ala cina.
  • Berhubungan dengan kungfu cha, mungkin bakal ada kosakata cucing, yang merupakan cangkir mungil untuk minum teh cina.

Referensi

  • Karyawan Teh Enam Tiga
  • Sumber lainnya

Review OYO Townhouse 1 Hotel Salemba (English)

Good Points

  • Location is strategic in central
    • Address: Jl. Salemba Raya No. 26, RT.4/RW.6, Kenari, Senen, Central Jakarta, Jakarta 10430, Indonesia
    • Google Maps: OYO Townhouse 1 Hotel Salemba
  • Practical
    • Can access with public transportations, ex: busway (Transjakarta)
  • Good Facilities
    • TV, AC, TOILET (doormats, soap/shampoo, lotion, towl, toothpaste, tooth brush, glass, mirrorr), telephone, Free Wi-Fi, wardrobe, sofa, table)
  • Clean
  • Amazing view from the window
  • The price is cheap, specially when you got a promo
  • Good decoration
  • Free breakfast

Bad Points

  • Old building
  • Difficult to open the primary door

Aplication

  • OYO

Score

  • 4/5

Gallery